Luwu Timur, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo, memimpin secara langsung apel siaga pengamanan pilkada serentak yang diikuti satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas), Polri dan TNI di Lapangan Merdeka Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Senin.

Apel siaga jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember itu juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah Kepala Unit Kerja Lingkup Pemkab Luwu Timur.

"Pilkada serentak tinggal dua hari lagi dan semua pihak wajib mensukseskannya. Pilkada itu bukan hanya milik KPU, tetapi milik seluruh aparatur termasuk kita semua yang mengikuti Apel siaga ini. Kita semua bertanggung jawab untuk menjaga suasana tetap kondusif" kata Irman YL dalam amanatnya.

Pada apel siaga pergeseran pasukan ini, sebanyak 872 personil Linmas akan bertugas di 436 TPS di seluruh wilayah Kab. Luwu Timur. Dimana setiap TPS akan dikawal dua personil Linmas dengan mendapat back up dari pihak Polri dan TNI.

Dalam kesempatan itu pula, dirinya meminta setiap anggota yang bertugas maupun lapisan masyarakat dapat saling bergotong-royong untuk dapat menjaga ketertiban dan ketentraman pada saat pencoblosan agar supaya dapat damai.

"Situasi yang aman tambahnya merupakan tanggung jawab semua pihak, untuk itu rakyat wajib membantu Polri dan TNI agar perhelatan akbar pilkada tersebut dapat berjalan tertib serta lancar dan menghasilkan pemimpin yang diharapkan oleh rakyat" jelasnya.

Sebelumnya, Irman telah menegaskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Luwu Timur harus berjalan sukses.

Irman mengatakan, kesuksesan Pemilukada di Kabupaten Luwu Timur sangat tergantung kepada kerjasama secara terpadu antara pemerintah kabupaten sebagai pendukung, fasilitasi, pengamanan dan pemantau kinerja KPU sebagai penyelenggara Pemilukada, Panwaslu sebagai pengawas dan Polri/TNI sebagai pengamanan.

Untuk PNS, katanya, Pemkab Luwu Timur telah menerbitkan surat edaran tentang netralitas PNS dalam pelaksanaan tahapan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2015.

Menyikapi kondisi terkini, Irman meminta semua peserta yang hadir untuk menghimbau seluruh masyarakat agar tidak terprovokasi akan hal yang dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

"Kepada seluruh pihak hendaknya tetap saling menjaga agar Pilkada Luwu Timur berjalan aman, tertib, terkendali, lancar, kondusif dan berjalan sebagaimana mestinya dan sesuai tahapan," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024