Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo memimpin langsung apel Operasi Lilin Lipu yang digelar di GOR Sudiang Makassar dengan dihadiri para Panglima Komando Utama.

"Melalui pelaksanaan apel gelar pasukan ini, dapat dilakukan pengecekan kesiapan akhir pelaksanaan operasi baik aspek personel, sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait dalam mengamankan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016," ujar Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Rabu.

Operasi Lilin Lipu ini mengusung tema "Melalui Operasi Lilin 2015 Kita tingkatkan sinegritas Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Natal dan Tahun Baru 2016

Turut hadir dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lipu para petinggi dari tiap angkatan dan pejabat pemerintahan setempat serta personel yang memadati GOR Sudiang sebanyak 4.000 orang.

Beberapa pejabat yang hadir antara lain : Kapolda Sulselbar Irjen Pol Puji Hartanto, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Danlantamal IV Laksma R Edi Suryanto.

Kemudian Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Marsma TNI Donny Hermawan, Ketua DPRD Provinsi Sulsel HM Roem, Asops Kol Inf Khaerul Anam, Danpomdam VII Wirabuana Kol CPM Bambang Sucokro, Dandim 1408/Bs Kolonel Inf Jefry Octavian Rotty serta para pejabat lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulsel membacakan amanat dan penekanan Kapolri diantaranya, mengharapkan bagi TNI Polri dapat memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, mengapresiasi Polri dengan menurunnya angka Kecelakaan di tahun 2015 ini.

Selain itu diminta untuk mengoptimalkan para Intelijen dan Babinkamtibmas untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas, menempatkan personel pada pos pelayanan yang dianggap rawan.

"Dalam acara ini saya sampaikan ucapan terima kasih yang tinggi kepada TNI dan Polri yang tetap menjaga kondusifitas Sulsel, apalagi 11 daerah yang menggelar Pilkada semuanya aman," katanya.

Sementara itu, Kapolda Sulselbar Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, perayaan natal dan tahun baru akan mengakibatkan terjadinya peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Karenanya, pengerahan personel difokuskan pada tempat ibadah, tempat hiburan, pusat perbelanjaan, objek wisata, bandara, terminal bus, pelabuhan laut, dan jalan-jalan protokol.

"Situasi ini sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas sehingga Polri menggelar pelaksanaan operasi terpusat Lilin 2015 guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama perayaan natal dan tahun baru," tandasnya. 

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024