Makassar (ANTARA Sulsel) - Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo IV Makassar Doso Agung mengatakan, jumlah anggaran untuk Makassar New Port (MNP) untuk 2016 mencapai Rp1,3 triliun.

"Anggaran untuk tahun ini Rp1,3 triliun, dari pinjaman kita yang Rp3 triliun," kata Doso Agung di Makassar, Rabu.

Anggaran tersebut, kata dia, akan digunakan untuk membangun dermaga tiga dengan kedalaman minus 16 meter, dan lapangan seluas kurang lebih 30 hektar.

Sementara saat ini, lanjutnya, kemajuan pekerjaan MNP mencapai 10 persen, dari seluruh proyek MNP yang ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2018 mendatang.

"Sepuluh persen tersebut, termasuk jalan menuju proyek, dan struktur dermaga yang ada pada pinggir pantai," terangnya.

Pada tahun 2016 ini, pihaknya akan memulai dengan pemebesan lahan, dan membuat rancangan jalan menuju terminal dalam.

"Lebih banyak pekerjaan struktur fondasi yang kita buat pada 2016 ini. Semua sesuai jadwal," tambahnya.

Nantinya, menurut Doso, pelabuhan ini akan terintegrasi dengan kawasan industri, seluas kurang lebih 300 hektar untuk mengembangkan industri di wilayah Timur Indonesia.

"MNP ini nantinya betul-betul menjadi pelabuhan modern," tuturnya.

Sebelumnya pada Oktober 2015, PT Pelindo IV (Persero) memperoleh kredit investasi Rp3 triliun dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. untuk mendanai pembangunan sejumlah proyek perseroan.

Pinjaman dana investasi tersebut digunakan untuk pembiayaan pembangunan proyek Makassar New Port (MNP), modernisasi peralatan bongkar muat petikemas dan pengembangan pelabuhan-pelabuhan di wilayah operasional Pelindo IV.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024