Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 38 tim siap bersaing menjadi yang terbaik pada turnamen Danone Nations Cup (DNC) wilayah Sulawesi di Stadion Gelora Andi Mattalata Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, 16-17 Januari 2016.

Ketua Panitia Pelaksana Lokal Bustamin di Makassar, Jumat, mengatakan 38 tim itu berasal dari wilayah di Pulau Sulawesi yakni Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan tuan rumah Sulawesi Selatan.

"Dari 48 tim yang mendaftar ikut turnamen, hanya 38 yang memenuhi persyaratan setelah kita lakukan verifikasi," katanya.

Ia menjelaskan, turnamen akan memperebutkan satu tiket menuju putaran nasional di Jakarta, Agustus mendatang. Sementara pelaksanaan Piala Dunia DNC 2016 dijadwalkan di Prancis, Oktober 2016.

Turnamen yang diperuntukkan pemain umur 10 dan 12 tahun tersebut, kata dia, memang memberikan persyaratan ketat karena kejuaraan ini memang fokus untuk pembinaan usia dini.

"Kita menerapkan sistem screening selama dua hari untuk menentukan siapa tim yang lolos tampil di turnamen ini. Salah satunya aturan pemeriksaan tulang dan gigi," jelasnya.

Pada penyelenggaran tahun ini, pihak penyelenggara juga mengadakan coaching clinic kepada pelatih tim peserta. Sebagai pemateri dihadirkan eks pelatih timnas, Danurwindo. Hal tersebut dilakukan agar bisa berbagi ilmu dengan pelaku sepak bola.

Selain di Makassar sebagai lokasi Seri pertama DNC 2016, kata dia, pihaknya juga menggelar disejumlah lokasi masing-masing Ambon, Padang, Jakarta, Jayapura, Semarang, Banjarmasin, Bali, Palembang, Malang, Banda Aceh, Bandung dan Medan.

Mantan Pelatih Timnas Junior Danurwindo mengatakan, pihaknya senang karena bisa berbagi dengan insan sepak bola di Sulsel. Dirinya juga berharap kegiatan ini dapat melahirkan para pemain muda yang dapat memperkuat Sulsel dn timnas Indoesia ajang internasional.

"Kita senang karena bisa membagi pengalaman dengan para pemain. Saya kira kegiatan seperti ini bisa semakin meningkatkan pembinaan khususnya bagi pemain muda," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024