Makassar (ANTARA Sulsel) - Manajemen Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan, mengajak sekaligus mendorong masyarakat untuk ikut memerangi penyakit kanker.

Direktur Utama RSWS Dr dr Khalid Saleh di Makassar, Rabu, mengatakan perkembangan penyakit kanker memang cukup signifikan sehingga perlu komitmen dan seluruh pihak khususnya masyarakat agar ikut berperan aktif untuk mengantisipasi penyebarannya.

"Tema Hari Kanker Se-dunia tahun ini berupaya menjangkau masyarakat. Kita yakin bahwa dengan bersama, kita bisa melawan kanker "We Can I Can Fights Against Cancer," jelasnya dalam jumpa pers.

Ia menjelaskan, penyakit kanker itu bisa dicegah, dapat dideteksi secara dini, serta dapat diobati atau dikontrol dengan baik melalui pengobatan yang benar dan tepat. Penderita kanker juga memiliki hak untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik.

Maka dari itu, lanjut dia, melalui momentum Hari Kanker yang rutin diperingati setiap 4 Februari diharapkan masyarakat lebih bersikap aktif dalam meningkatkan kepedulian pada kanker dan langkah pencegahan agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, kata dia, masyarakat bisa melakukan secara online melalui link khusus yang diberikan oleh Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN yakni http:/harikankersedunia.com.

Masyarakat yang mengakses ini bisa mendapatkan informasi penting terkait sejylah hal menyangkuat masalah penyakit kanker mulai dari pencegahan, upaya deteksi dini dan sebagainya. Masyarakat juga diminta untuk mengisi beberapa bagian sebagai bukti perlawanan melawan kanker.

"Dalam link ini memang menyediakan berbagai informasi tentang kanker. Kami tentu berharap dengan masyarakat membuka ini membuat mereka lebih memahami tentang apa saja yang haraus dilakukan untuk terhindar dari kanker termasuk menjaga pola hidup sehat," katanya.

Sementara itu, Ketua Pennyelenggara Hari Kanker Se-Dunia RSWS, dr Umi Mangesti Tjiptoningsih Sp Onk Rad, mengatakan adapun penunjukan RSWS sebagai pihak penyelenggara memang menjadi keputusan langsung dari KPKN) pusat.

Untuk kegiatan serupa pada 2015, RSWS juga tetap diberikan kepercayaan untuk penyelenggaraan penyambutan hari kanker sedunia bersama beberapa puskesman dan rumah sakit di Sulsel.

Menurut dia, tujuan kegiatan ini memang sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian masyarakat luas mengenai bahaya kanker.

Selain itu, meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan kanker serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JPN) sebagai upaya penerapan pelayanan kanker untuk seluruh lapisan masyarakat.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024