Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 53 klub siap bersaing menjadi yang terbaik pada kejuaraan sepak takraw Sidrap Cup di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, 11-14 Februari 2016.

Sekretaris Umum PSTI Sulsel Saleh Gottang di Makassar, Rabu, mengatakan 53 klub tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Jawa dan beberapa provinsi di Sulawesi.

"Kejuaraan antar-klub ini memang diramaikan sejumlah perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia. Saya kira persaingannya akan lebih ketat karena akan diikuti para petakraw terbaik di Indonesia," katanya.

Khusus untuk Sulsel, kata dia, sejumlah atlet yang telah dinyatakan lolos PON 2016 juga akan ambil bagian dalam kejuaraan tersebut. Namun demikian, atlet yang bersangkutan tidak akan membawa nama Sulsel namun klub masing-masing.

Pihaknya juga mendukung dan mengapresiasi komitmen pemkab Sidrap dalam memajukan dan meningkatkan pembinaan prestasi cabang olahraga itu di Sulsel.

"Meski tidak masuk dalam agenda PB PSTI namun kita tetap mengapresiasi. Apalagi ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang uji coba sebelum tampil di Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat, September nanti," ujarnya.

Mengenai peluang atlet Sulsel di ajang tersebut, dirinya mengaku cukup terbuka lebar. Namun pihaknya memastikan tidak akan mudah mengingat beberapa atlet dari luar Sulsel juga tentu telah mempersiapkan diri.

Ketua Bidang Perwasitan dan Kompetisi Pengurus besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PB PSTI) itu juga berharap dengan kejuaraan ini semakin mempopulerkan cabang olahraga ini di masyarakat.

"Klub sepak takraw di Sulsel juga cukup menjanjikan. Apalagi kejuaraan ini memang fokus untuk bisa meraih bonus sehingga tentu akan mempersiapkan diri secara maksimal," sebutnya.

Lebih jauh, Pengurus Provinsi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sulawesi Selatan juga siap menggelar dua kejuaraan se-Sulsel masing-masing Piala Gubernur Sulsel dan Piala PKK di Makassar, April 2016.

Untuk kejuaraan Piala Gubernur akan diikuti tim putra. Sedangkan untuk Piala PKK Sulsel diperuntukkan bagi tim atau atlet putri dari berbagai daerah di Sulsel.

"Kejuaraan ini sebagai wadah bagi atlet di setiap daerah untuk bisa menunjukkan hasil latihannya. Kita berharap kejuaraan ini bisa terlaksana dan sukses," jelasnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024