Polman, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, berhasil meraih predikat terbaik di Sulawesi dalam hal Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (AKIP) di tahun 2016.

"Alhamdulillah, tahun ini Pemkab Polman telah menunjukkan prestasi dalam pelaksanaan roda pemerintahan. Pemkab Polman mendapatkan peringkat atau nilai B tingkat nasional dari hasil evaluasi AKIB. Bahkan, Pemkab Polman mampu menjadi yang terbaik dalam penilaian tersebut se Sulawesi," kata Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar di Polman, Kamis.

Menurut dia, penilaian tersebut diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpar-RB) di Gedung Negara Grahadi, jalan Gubernur Suryo, akhir pekan lalu.

Andi Ibrahim Masdar mengatakan, penghargaan tersebut naik satu tingkat dari capaian tahun lalu.

Capaian yang diperoleh, kata Ibrahim tidak terlepas dari kerja keras, kedisiplinan, dan profesionalisme seluruh jajaran dalam hal ini Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Polman dalam melaksanakan tugas dengan penuh semangat dalam mendorong peningkatan sistem akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi.

Menurut dia, indikator dan pengevaluasian akuntabilitas kinerja telah difokuskan pada perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, pelaksanaan evaluasi kinerja internal, serta capaian kinerja itu sendiri.

"Itulah yang menjadi penilaian sehingga Polman pada tahun ini bisa lebih baik dalam hal AKIP nya," ujar Ibrahim.

Akan tetapi, fokus evaluasi kata dia, bukan menilai kinerja tetapi lebih banyak menilai kesiapan sistem akuntabilitas kinerjanya dalam upaya meningkatkan akuntabilitas kinerja.

Tentunya, apa yang telah didapatkan ini merupakan dampak nyata dari upaya perbaikan yang telah dilakukan selama ini.

Terutama dalam perencanaan kinerja yang mampu mengaitkan antara kinerja yang diinginkan dengan anggaran yang dialokasikan.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024