Jeneponto, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyerahkan bantuan Kapal Tangkap Perikanan Tahun Anggaran 2015 dari Kementerian Kelautan RI senilai Rp2,4 Miliar kepada dua Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanrusampe Jeneponto, Jumat.

Penyerahan bantuan disaksikan Kapolres Jeneponto AKBP Pol Joko Sumarno SIk, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Rudy Sandry SSos, Kajari Jeneponto yang diwakili Kasi Intel Tuwo SH dan beberapa Kepala SKPD termasuk Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jeneponto serta beberapa anggota KUB Pabiringa Binamu dan KUB Mallasoro Bangkala.

Kepala DKP Jeneponto H Syamsul Rizal SE mengatakan bantuan ini merupakan tugas pembantuan Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan RI untuk Kelompok Usaha Bersama.

"Bantuan bertujuan untuk mendukung pelaksanaan visi dan misi daerah serta bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melajah dalam peningkatan taraf hidup masyarakat terutama anggota kelompok nelayan," katanya.

Bupati Iksan Iskandar yang menyerahkan bantuan berpesan kepada penerima agar menjaga dan menggunakan bantuan kapal untuk peningkatan kesejahteraan.

"Tahun 2015 Pemda Jeneponto mendapatkan dua unit kapal tangkap dengan spesifikasi 15 GT dan 25 GT dengan nilai Rp1,4 miliar dan Insya Allah pada 2016 ini Pemda sudah mengajukan proposal ke Kementerian Kelautan untuk mendapatkan lagi bantuan kapal karena masih banyaknya anggota kelompok nelayan lain yang belum mendapatkan dan Insya Allah kita akan mendapatkan lima unit kapal lagi," ujar Iksan.

Sedangkan penerima bantuan kapal tangkap yakni KUB Pabiringa yang diterima H Daeng Sarro dan KUB Mallasoro diterima Mukhlis. Penandatangan serah terima oleh Kepala Dinas DKP Jeneponto disaksikan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

Iksan menegaskan tidak ada lagi pungutan yang dilakukan Pihak Dinas Perikanan maupun staf yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan kepada nelayan yang menggunakan perahu tersebut dan Bupati menitipkan kepada Kapolres, Dandim dan Kajari Jeneponto agar mengawasi bantuan yang telah diterima oleh KUB.

Dia meminta agar tahun 2016 ini bantuan yang telah dijanjikan oleh Kementerian Kelautan RI dapat terealisasi.

Andi Sultan yang merupakan kontraktor PT Asmara Bakti yang berlokasi di Bulukumba sebagai penyedia perahu tersebut juga hadir menyaksikan penyerahan bantuan.

Saat itu, Bupati bersama rombongan langsung melihat bantuan kapal tangkap yang telah disandarkan di Dermaga Tanrusampe.

Pewarta : Agus Setiawan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024