Mamuju (ANTARA Sulbar) - Jajaran Polres Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, bakal melibatkan 1000 personil untuk mengamankan jalannya proses pelantikan kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah  9 Desember 2015.

"Skenario keamanan pada pelaksanaan pelantikan kepala daerah kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Mamuju Utara telah disiapkan dengan baik. Berdasarkan jadwal yang ada maka pelantikan akan digelar 17 Februari 2016," kata Kapolres Mamuju, AKBP Eko Wagianto di Mamuju, Sabtu.

Eko Wagianto mengungkapkan untuk menjamin keamanan pelaksanaan pelantikan kepala daerah hasil Pemilukada serentak tersebut, pihaknya akan mendatangkan satu kompi pasukan Brimob dari Polda Sulselbar.

"Kita pun akan datangkan satu kompi pasukan Brimob serta Rantis Baracuda dari Polda serta dibantu oleh aparat keamanan dari satuan Polres Mamuju,TNI, Satpol PP, Dishub serta dan Pemadam Kebakaran Mamuju. Total pasukan gabungan untuk pengamanan pelantikan nanti mencapai 1000 porsenil," ujarnya.

Untuk menjamin keamanan pada detik-detik pelantikan kepala daerah tersebut, Eko menjelaskan, pihaknya bakal menyebar sejumlah aparat yang dimaksud ke beberapa titik vital yang ada di ibu kota Provinsi Sulawesi Barat ini.

"Sebaran personil keamanan, tentu kita akan pusatkan di lokasi pelantikan. Serta di sejumlah objek vital yang ada di Mamuju," terang Eko.

Sebagai bentuk langkah preventif dari aparat keamanan, Kapolres turut menghimbau agar masyarakat umum untuk terlibat aktif dalam upaya menjamin keamanan plus kenyamanan proses pelantikan kepala daerah tersebut.

Kepada para pendukung Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Eko berpesan agar menghindari kegiatan yang sifatnya berlebihan.

"Pendukung pasangan yang menang, tidak usah melakukan kegiatan yang berlebihan. Seperti euforia kemenangan secara berlebih," sebut Eko Wagianto.

Untuk Pemilukada Mamuju, pasangan Habsi Wahid dan Irwan Pababari akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati setelah mengalahkan dua kandidat lainnya, Bustamin-Damris dan Ahmad Appa-Jawas Gani.

Di Mamuju Tengah, duet Aras Tammuni dan Amin Jasa dipastikan bakal dilantik sebagai kepala daerah di Daerah Otonomi Baru (DOB) itu setelah menyingkirkan kandidat lainnya.

Begitu pula duet petahana Pemilukada Mamuju Utara, Agus Ambo Jiwa dan H Saal yang rencananya juga akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Utara setelah mengalahkan dua paket pesaingnya.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024