Mamuju (ANTARA Sulbar) - Anggota DPD/MPR RI perwakilan Sulawesi Barat, Muhammad Asri Anas menilai kehebatan dan kemanpuan Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh merupakan pelobi ulung yang patut diberikan acungan dua jempol.

"Jujur saya katakan, semua figur bakal calon gubernur Sulbar belum sepadan dan belum ada yang menyamai Anwar Adnan Saleh. Hanya saja, karena Anwar tidak bisa maju lagi," kata Asri Anas di Mamuju, Kamis.

Asri menegaskan, di antara beberapa nama yang akan bertarung di Pilgub Sulbar 2017 mendatang, masih di bawah dari kehebatan seorang Anwar Adnan Saleh.

Sayang kata dia, Anwar tak bisa maju lagi sebagai calon orang nomor satu di daerah ini, sebab telah memimpin Sulbar selama dua periode.

Kehebatan yang dimaksud dari Anwar, menurut Asri, adalah kemampuan melobi dan kegigihannya dalam membangun daerah.

"Soal lobi melobi anggaran di pusat, Pak Anwar jagonya. Itu karena beliau punya jaringan yang kuat di pusat, bahkan di tingkat internasional. Soal kegigihan pembangunan fisik, Anwar juga jagonya, hanya karena bawahannya yang agak sedikit lemah," kata senator muda dua periode ini.

Asri juga mencontohkan, salah satu kegigihan dan kerja keras Anwar jika hendak melakukan lobi-melobi di tingkat pusat.

"Bayangkan saja, Pak Anwar itu kalau ingin menemui Menteri, beliau bahkan rela menunggu hingga 6 jam lamanya. Beliau tidak mudah putus asa kalau cita-citanya belum tercapai," sebutnya.

Soal kecerdasan, lanjut Asri, tak perlu ditanyakan lagi. Anwar dinilai sebagai sosok pemimpin daerah yang berkelas tinggi.

"Pak Anwar itu punya banyak pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni. Olehnya, kita harapkan, figur-figur atau calon pemimpin kita di Sulbar ini harus benar-benar serius, paling tidak mampu mengikuti langkah Pak Anwar dalam membangun Sulbar," terang mantan Ketua KNPI pertama di Sulbar itu.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024