Malili, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler mengharapkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ) di daerah itu dapat terus melahirkan ide dan gagasan baru dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke depan.

Ide atau gagasan baru yang diharapkan itu, terutama menyangkut pembinaan para peserta di samping perannya dalam menumbuhkembangkan pendidikan Al Quran di tengah-tengah masyarakat, kata HM Thorig Husler di Malili, ibu kota Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat.

"LPTQ jangan sekadar memperkuat dan melestarikan apa yang telah ada. Tetapi harus mampu melahirkan gagasan dan langkah baru memajukan berbagai aspek yang terkait dengan peningkatan kualitas pelaksanaan MTQ," harapnya terkait Musyawarah Kerja LPTQ itu.

Ia juga berharap momentum musyawarah kerja ini dapat dimanfaatkan sebagai forum evaluasi dan konsolidasi untuk menyusun program-program kerja guna memantapkan langkah LPTQ ke depan.

Khususnya dalam menghadapi persiapan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan berlangsung di Kabupaten Barru, April mendatang dam MTQ Nasional di Provinsi NTT.

"Selamat melaksanakan Musda, semoga pengurus yang baru terbentuk nantinya tetap bersemangat dan amanah dalam menjalankan setiap program kerja yang telah direncanakan" ujarnya.

Pada pelaksanaan musyawarah kerja dan silaturhami LPTQ Luwu Timur itu, juga dihadiri Ketua DPRD Amran Syam, Asisten Ekonomi dan Pembangunan HM Abrinysyah, Kepala Kantor Kementerian Agama Luwu Timue H Usman, Ketua LPTQ HM Sarkawi A Hamid, dan Camat Burau, Satri.

Sementara itu, Ketua LPTQ Sarkawi A Hamid mengaku optimistis dari hasil laporan pelaksanaan lomba MTQ hingga memasuki babak final saat ini bisa dikatakan para kafilah dari berbagai kecamatan menunjukkan kualitas yang cukup baik.

"Kualitas para kafilah kita pada ajang MTQ tingkat kabupaten tahun ini semakin baik. Saya optimistis gelar juara umum kedua yang diraih di Pinrang pada MTQ tingkat provinsi Sulsel yang lalu dapat kita tetap pertahankan bahkan bisa kita tingkatkan tentunya dengan dukungan pembinaan oleh pengurus LPTQ," jelas Sarkawi.

Tidak hanya itu, kata Sarkawi, ajang Seleksi Tilawatil Qur`an (STQ) tingkat Provinsi Sulsel yang dilakukan di Kabupaten Takalar juga menempatkan Luwu Timur sebagai juara tiga umum. "Keberhasilan dan prestasi yang kita capai tentu tidak lepas dari perhatian dan dukungan pemerintah," sebutnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024