Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu`mang berharap hubungan dagang antara Sulsel dengan Australia dapat meningkat setelah dibuka Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Makassar, Selasa.

"Selama ini kita telah mengimpor gandum dari Australia hingga 12,53 persen dari total impor gandum Sulsel. Gandum ini kemudian kita ekspor dalam bentuk Tepung Terigu ke Australia. Kami berharap ke depan, hubungan dagang, khususnya ekspor Sulsel ke Australia dapat meningkat," kata Agus usai peresmian Kantor Konjen Australia di Makassar, Selasa.

Selama ini, kata wagub, ekspor Sulsel masih didominasi oleh negara-negara seperti Jepang, Korea, Cina, dan Singapura

"Kita berharap Australia nantinya juga menjadi salah negara tujuan ekspor utama kita," ujar Agus.

Ia juga mengusulkan hadirnya penerbangan langsung antara Australia dan Makassar, untuk memperkuat kerja sama di bidang Pariwisata.

"Kami punya destinasi wisata yang tidak kalah dari Bali, kami harapkan ada penerbangan langsung antara Sulsel dengan Australia," kata wagub.

Sementara itu, Konsul Jenderal Australia di Makassar Richard Mathews mengatakan pihaknya bertanggung jawab membantu Dubes memperkuat dan mengokohkan hubungan perdagangan dan investasi di Indonesia Timur.

"Saya ingin membangun jaringan bisnis, pendidikan, dan alumni Australia di Indonesia Timur," ujarnya.

Sebagai Konsul Jenderal pertama, ia berjanji akan bekerja sekeras-kerasnya untuk memajukan hubungan baik diantara kedua belah pihak.

"Dalam waktu dekat, saya akan mencoba mengunjungi Kepala Daerah, Rektor, dan masyarakat di Indonesia Timur untuk mewujudkan kerja sama yang lebih baik," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024