Makassar (ANTARA Sulsel) - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FHB Soelistyo meresmikan pengoperasian Kapal Negara (KN) SAR Antasena 234 yang dilengkapi dengan Remotely Operated Vehicle (ROV) di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Kamis.

"Kapal ini adalah produk dalam negeri, dan dilengkapi dengan ROV yaitu robot pintar yang mampu beroperasi pada kedalaman hingga 600 meter di bawah permukaan laut," kata Marsekal Madya FHB Soelistyo saat meresmikan penggunaan kapal tersebut, di Makassar, Kamis.

Khusus untuk peralatan ROV tersebut, kata dia, dibuat oleh Perancis dengan operator yang dididik di Vietnam.

Kapal ini juga dilengkapi dengan Forward Infrared untuk mendeteksi objek permukaan pada malam hari.

KN SAR Antasena 234 memiliki panjang 40 meter dengan bahan utama aluminium. Kapal tersebut mampu melaju dengan kecepatan 29 knot, dan mampu bermanuver dengan cepat.

Kepala Kantor SAR Makassar Roki Azikin yang ditemui dalam kesempatan tersebut menuturkan bahwa pihaknya memang meminta tambahan kapal untuk membantu pelaksanaan tugas SAR.

Sebelumnya, kata Roki, pihaknya telah memiliki kapal berbahan fiber dengan panjang 36 meter, tetapi saat bertugas kapal tersebut hampir tenggelam sehingga pihaknya meminta tambahan kapal.

Ia menambahkan, bahwa selama tiga tahun terakhir, mulai 2013 jumlah musibah yang ditangani Basarnas Makassar mencapai 342 kasus. Dengan jumlah korban 3.308 orang, 296 diantaranya meninggal dan 126 hilang.

"Dengan adanya penambahan kapal ini, akan sangat membantu operasional kami," katanya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024