Makassar, (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan perampungan program "lorong garden" atau longgar di 14 kecamatan dan 143 kelurahan pada 2016.

"Saya lihat `progress` pembangunan lorong setiap kecamatan sudah mencapai 75 hingga 80 persen. Jadi bisalah kita `Longgarkan` semua lorong tahun ini," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Senin.

Dia mengatakan semua program unggulan Pemerintah Kota Makassar akan mulai direalisasikan setelah penataan dan pembangunan program yang ada di setiap lorong (gang).

Danny -- sapaan akrab -- wali kota menyatakan, jika "lorong garden" Kota Makassar sudah akan mencapai 100 persen tahun ini, apalagi hingga pertengahan tahun sudah sekitar 80 persen.

Khusus di Kecamatan Makassar, mereka telah membenahi 85 persen Longgar. Sedangkan Kecamatan Ujung Pandang juga telah merampungkan 80 persen dari total lorong yang dimiliki setiap kelurahan.

Sementara itu Camat Makassar Tahir Rasyid menyampaikan jika setiap Senin pihaknya memang intens melakukan rapat kordinasi dengan 14 lurahnya.

Koordinasi ini, kata Tahir, dimaksudkan agar setiap permasalahan utama di wilayah masing-masing bisa didiskusikan bersama diantaranya persoalan kanal, bank sampah, armada sampah dan fukuda, termasuk kebersihan got per lorong.

"Alhamdulillah, dari laporan para lurah, rata-rata tinggal dua atau tiga lorong saja yang belum tersentuh dari total jumlah lorong yang dimiliki," ucapnya.

Menurut Tahir, selain merampungkan pembenahan lorong, dirinya juga memiliki program kecamatan Makassar bebas sampah pelastik dan bebas sedimen di got.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024