Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengakomodir rekomendasi yang dihasilkan saat berdialog bersama seratusan buruh yang tergabung dalam berbagai organisasi buruh di Makassar.

"Makassar berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi tertinggi nasional. Ekonomi Makassar sangat ditentukan pada bisnis dan perdagangan yang tanpa pekerja tidak akan ada apa-apanya," ujarnya saat membuka dialog bersama Buruh di Makassar, Kamis.

Danny Pomanto -- sapaan akrab wali kota mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang menempatkan Makassar pada posisi tertinggi di Indonesia itu semua berkat peran serta dari serikat buruh di Makassar.

Ia melanjutkan, persoalan pekerja menjadi persoalan utama yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Hampir setiap hari, Danny menerima keluhan dari pekerja. Olehnya itu, Ia berpandangan pemerintah wajib melakukan intervensi dalam menjawab persoalan buruh.

Dalam menjalankan perannya, pemerintah harus mampu bertindak sebagai penengah. Menurutnya upaya dialog perlu terus didorong dalam mempertemukan harapan buruh dan keinginan pengusaha (perusahaan).

"Kekompakan tripartit tetap harus kita jaga, jangan sampai ada keretakan atau ketidaksepahaman di antara forum tripartit ini," ujarnya.

Kekompakan itu, menurut wali kota dapat menjadi modal menghadapi gempuran Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang pada tahun ini menjadi awal dari masuknya kebebasan pasar global itu.

Ia mendorong buruh untuk meningkatkan kualitasnya agar tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja dari luar, pun jika dibutuhkan aturan setingkat Perwali untuk melindungi pekerja, Danny siap melakukannya sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang.

Dialog Ketenagakerjaan May Day 2016 melahirkan rekomendasi yang bersumber dari aspirasi buruh. Tahun lalu, pertemuan serupa merekomendasikan rumah susun untuk buruh, dan hal itu telah terealisasi.

Tahun ini, para buruh kembali menyuarakan aspirasinya yakni dengan meminta kepada pemerintah untuk menyiapkan kendaraan roda empat yang diperuntukkan sebagai angkutan bagi buruh.

Wali kota yang mendengar permintaan itu langsung menyanggupinya dan memasukkannya ke dalam rekomendasi agar bisa segera direalisasikan.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024