Mamuju (ANTARA Sulbar) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Barat memprogramkan penukaran uang bersih dengan uang yang lusuh untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar uang yang beredar selalu dalam layak edar dan bersih.

"Penukaran uang kartal yang lusuh di masyarakat dengan uang bersih disediakan BI Sulbar pada sejumlah loket maupun pada kas mobil keliling yang sudah disiapkan," kata Kepala Perwakilan BI Sulbar, Asep Budi Arta di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, penukaran uang bersih dilaksanakan BI Sulbar dengan berkeliling ke sejumlah instansi dan pasar-pasar di wilayah Mamuju, agar uang beredar dimasyarakat tetap dalam keadaan yang layak dan bersih digunakan melaksanakan transaksi ekonomi.

` Menurut dia, penukaran uang bersih di kota Mamuju dilaksanakan pada sejumlah kelurahan diantaranya Karema, Rimuku, Binanga.

"BI Sulbar memprogramkan pelayanan jempol yang maksudnya menunjukkan keseriusan BI Sulbar menjamin uang beredar tetap utuh dan bersih, program ini akan terus juga dilaksanakan pada sejumlah daerah di Sulbar," katanya.

Ia mengatakan, pada bulan ramadhan diharapkan uang beredar digunakan masyarakat tetap utuh dan bersih sehingga akan mendukung lancarnya transaksi ekonomi yang akan meningkat .

"Menghadapi bulan ramadhan BI Sulbar juga menyiapkan uang kartal untuk semua jenis pecahan dan akan menyediakan beberapa titik lokasi yang tersebar sampai pelosok Sulbar karena masyarakat sangat membutuhkan uang berbagai macam pecahan memenuhi kebutuhannya," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024