Makassar (ANTARA Sulsel) - Indonesia Marketing Association (IMA) Makassar akan menggelar bedah buku dan seminar untuk meluncurkan buku "Digital Champion-Shift" yang ditulis Direktur Entrerprise & Business Service PT Telkom Tbk, Muhammad Awaluddin.

Vice President IMA Chapter Makassar. A.M. Nur Bau Massepe mengemukakan hal itu di Makassar, Minggu.

"Buku `Digital Champion Shift" ini mengupas persiapan apa yang sebaiknya dilakukan oleh pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia dalam merebut pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan buku ini merupakan lanjutan dari buku `Digital Entrepreneur-Shift` yang diterbitkan tahun lalu," ujarnya.

Muhammad Awaluddin yang juga Mantan President IMA Pusat periode 2013-2015 sebelumnya telah bertemu dengan beberapa pengurus IMA.

Dalam pertemuan singkat di lounge Bandara Sultan Hasanuddin pada Jumat (29/11) nampak hadir Ir.Syarifuddin Arief,MM (Sekjen IMA Chapter Makassar), Mohammad Firdaus (EVP Telkom Regional 7 Sulampua PT Telkom), Sabri Rasyid (Senior Manager Business Marketing PT Telkom), Tri Gunadi (Executive GM Divisi Business Service PT Telkom Jakarta) dan beberapa manager PT Telkom wilayah Makassar lainnya.

Saat pertemuan Muhammad Awaluddin mengatakan saat ini pihaknya di IMA sangat konsen untuk membangun daya saing pelaku UKM khususnya pengetahuan mereka terhadap pemanfaatan online bisnis.

"Oleh karena itu kami berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti PT Telkom untuk memberi support hal itu," ungkap Muhammad Awaluddin.
Muhammad Awalauddin, master dari alumni European University, Antwerpen, Belgia, dan Doktor dari Universitas Padjajaran ini mengatakan ada lima hal yang penting harus di perhatikan bagi UKM kita yaitu nilai pelanggan, sumber daya manusia, aliansi dan kemitraan, ekspansi pasar, dan kepemimpinan produk.

"Hal ini lah akan meningkatkan daya saing bisnis UKM Indonesia," ujarnya.

Pewarta : Agus Setiawan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024