Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memperkenalkan perahu pinisi kepada Konsulat Jenderal (Konjen) India RO Sunil Babu saat bertandang ke rumah jabatannya di Jalan Penghibur.

"Inilah perahu pinisi asal Sulsel dan menjadi kebanggaan Indonesia yang melegenda sejak beberapa abad lalu dan pinisi ini juga menjadi lambang kota Makassar," ujarnya kepada Sunil Babu di rumah jabatannya, Senin.

Danny Pomanto--sapaan akrab wali kota mengungkapkan, perahu pinisi merupakan perahu buatan tangan asli Bugis-Makassar terbesar yang telah melegenda se-antero jagad.

Kapal berbahan kayu tersebut dulunya dipergunakan suku Bugis Makassar menaklukkan samudera di dunia. Hingga kini kapal pinisi masih bisa dijumpai di Makassar.

"Ini adalah perahu pinisi, sama seperti yang ada di lambang kota Makassar," kata Danny saat menyerahkan cinderamata pinisi hasil karya industri lorong di Makassar kepada Konjen Sunil Babu.

Kepada Konjen yang baru pertama kali ke Makassar ini Danny berharap ke depan Makassar-India bisa menjalin hubungan kerja sama dalam berbagai bidang.

Sementara itu, Konjen RO Sunil Babu mengaku terkesan bisa berada di Kota Makassar, terutama setelah melihat sambutan hangat dan keramahan wali kota.

"Saya juga berharap hubungan akan terjalin dengan begitu kuatnya antara Makassar dan India dari sektor budaya, pendidikan, atau bidang yang lainnya," tuturnya.

Sunil kemudian memberikan kenang-kenangan berupa sari, pakaian khas India. Ia menjelaskan bahwa kain sari juga merupakan kerajinan tangan khas India dengan kualitas yang sangat baik.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024