Mamuju (ANTARA Sulbar) - Harga kelapa muda yang dijual petani di Mamuju mengalami kenaikan pada bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah karena tingginya permintaan pembeli khususnya dari pedagang minuman es kelapa muda.

"Karena permintaan pedagang kelapa di Mamuju mengalami kenaikan, maka harga kelapa muda yang dijual oleh petani kepada pedagang, juga mengalami kenaikan," kata Bahar pedagang es kelapa di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, kenaikan harga kelapa muda yang dijual petani ke pedagang es kelapa muda, dari harga Rp4.500 per buah menjadi Rp6.000 per buah.

Menurut dia, kondisi naiknya permintaan pedagang es kelapa muda yang memicu naiknya harga kelapa muda karena pembeli es kelapa di Mamuju juga naik.

"Dalam tiga hari es kelapa muda dapat dijual pedagang mencapai 300 buah, karena tingginya permintaan masyarakat yang akan berbuka puasa," katanya.

Ia mengatakan, kondisi naiknya harga kelapa muda yang dijual petani tidak dikeluhkan pedagang es kelapa, namun yang dikeluhkan terbatasnya stok kelapa muda yang akan dijual petani pada bulan suci Ramadhan.

Menurut dia, pedagang di Mamuju harus mengambil kelapa muda yang menjadi bahan pembuatan es kelapa muda yang dijual petani di Kabupaten tetangga yakni di Kabupaten Mamuju Tengah.

"Kalau stok sudah habis kami terpaksa tidak berjualan menunggu sampai ada suplai kelapa muda dari luar daerah yang terus dikumpulkan, tentu ini merugikan bagi kami karena pembeli cukup banyak," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024