Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar mengagendakan sebanyak 37 kegiatan yang bersinggungan dengan ekonomi kreatif sebagai upaya meningkatkan pendapatan dan mensejahterahkan masyarakat Kota Daeng.

Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal di Makassar, Kamis, mengatakan dari seluruh item kegiatan yang rencana dilaksanakan sepanjang 2016, sebagian diantaranya sudah dilaksanakan dan berlansung sukses.

"Seperti halnya Makassar Culinary Nigth (MCN) serta yang belum lama ini yakni ajang dari STIE Nobel yang dipusatkan di Halaman Balaikota. Kami pada dasarnya sifatnya support dan mendukung agenda masyarakat terkait ekonomi kreatif," jelasnya.

Kampus Entrepreneur STIE Nobel Indonesia Makassar sebelumnya menggelar ajang spesial dan menghibur bertajuk "Creative Preneur Fest (CPF)" di Halaman Parkir Balaikota Makassar, Sulsel, 28-29 Mei 2016.

Ajang Creative Preneur Fest (CPF) 2016 itu menghadirkan puluhan tenan kuliner, clothing dan komunitas dari Makassar.

Ia menjelaskan, banyaknya agenda atau acara yang berhubungan dengan ekonomi kreatif memang merupakan bentuk komitmen pemkot Makassar untuk lebih fokus menggarap sektor tersebut.

Apalagi, kata dia, pihaknya memiliki agenda untuk menjadikan Makassar sebagai kota kreatif yang mendunia.

Semenara itu, pihaknya juga mengaku siap menyukseskan pelaksanaan konferensi internasional bertajuk " International Creative Cities Conference (ICCC) III" di Kota Daeng pada 2017.

"Potensi masyarakat Makassar terhadap ekonoi kreatif memang luar biasa. Kita bisa lihat mulai dari industri film, iklan, fashion, kuliner, budaya, termasuk seni dan sebagainya," jelasnya.

Terkait pemilihan Makassar sebagai tuan rumah sendiri tentunya karena perkembangan ekonomi kreatif di Kota Makassar. Apalagi pada saat berbicara di Malang pada ajang yang sama, justru begitu mendapat respon positif sehingga kemudian Makassar ditunjuk sebagai kota tuan rumah kedepan.

"Itupun mengapa kita (Pemkot Makassar) pada akhirnya memberikan perhatian yang lebih terhadap sektor ekonomi kreatif," sebutnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024