Mamuju (ANTARA Sulbar) - Jajaran Polres Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, telah menyatakan kesiapannya untuk menjaga Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (Kamtibmas) jelang hingga setelah libur Idul Fitri 1437 Hijriah.

Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan yang dipimpin langsung Bupati Mamuju, Drs.H.Habsi Wahid di kantor Polres Mamuju, Kamis.

Menurutnya, jika sandi operasi aparat kepolisian dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri yang selama ini dinamakan operasi Ketupat maka pada tahun 2016 ini dirubah namanya menjadi operasi  Ramadniya .

"Penamaan operasi Ramadniyah ini merupakan singkatan Ramadhan dan Hari Raya, yang mengandung arti Harafiah Suci, Adil dan Sempurna. Operasi ini dilaksanakan selama 16 hari, mulai dari tanggal 30 sampai dengan 15 juli 2016," ujar mantan Sekda Mamuju ini.

Kegiatan Apel gelar pasukan pengamanan hari Raya Idul Fitri 1437 H Tahun 2016 digelar serentak diseluruh Polda dan polres yang tersebar di enam kabupaten di Sulbar.

Habsi menuturkan, kegiatan ini bertujuan mengecek kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya, baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan apel gelar pasukan ini turut dihadiri Dandim 1418 Mamuju Letkol Muh. Imran, Kepala Kejaksaan Negeri Mamuju Muhammad Rabith, SH, Ketua Pengadilan Negeri Mamuju Lukman Bachmid, SH, Wakapolres Mamuju, ketua Senkom Mitra Polri Kab Mamuju, Kepala SKPD terkait, para undangan dan peserta apel gelar pasukan lainnya.

Habsi Wahid menyampaikan bahwa ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah, Kodim ataupun organisasi masyarakat lainnya, dalam rangka pengamanan operasi Ramadniya sehingga dengan pengamanan itu masyarakat muslim dapat merayakan hari raya dengan rasa aman saat melaksanakan shalat IED 1 Syawal yang akan datang.

Sebagai bentuk persiapan kata dia, maka momen hari raya terbesar ummat muslim kali ini bisa berjalan lancar maka pemerintah menyiapkan sejumlah alat berat, mobil ambulans, motor dan mobil patroli yang disiapkan Polres menjelang operasi Ramadniya ini.

Bukan itu saja, Dishub, Satpol PP, Damkar dan juga Dinas Kesehatan Semua terlibat untuk pengamanan menyambut hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024