Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan sebanyak tiga armada bus Damri guna mengantisipasi lonjakan pemudik Idul Fitri 1437 Hijriah yang diprediksi akan terjadi.

"Pemerintah di Sulbar siap mengantisipasi lonjakan pemudik dengan menyiapkan tiga unit bus Damri," kata Kepala Dishubkominfo Sulbar, Haeruddin Anas di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, pemerintah mengupayakan agar tidak ada pemudik terlantar di terminal angkutan darat Simbuang Mamuju pada lebaran ini, karena telah disiapkan armada bus Damri.

"Kalau lonjakan penumpang terjadi dan angkutan umum tidak bisa meladeni pemudik maka sudah ada antisipasi tiga damri akan mengantar pemudik apabila ada yang terlantar," katanya.

Menurut dia, akan dipastikan penumpang yang tidak memiliki angkutan mudik dan terlantar akan diangkut ketempat tujuannya agar bisa berlebaran bersama sanak keluarganya.

Anas mengatakan, bus Damri yang disiapkan akan mengantar pemudik ke sejumlah wilayah di Sulbar di antaranya arah utara Kabupaten Mamuju, Mamasa, ataupun menuju arah selatan atau ke wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut dia, pemerintah di Sulbar memprediksi lonjakan pemudik di terminal Mamuju hingga H-3 mencapai 2.000 orang dan akan melonjak mencapai 5.000 orang pada puncak arus mudik H-1  Idul Fitri 1436 Hijriah.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024