Makassar (ANTARA Sulsel) - Arus mudik penumpang untuk kedatangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan hingga H-3 lebaran atau 3 Juni 2016 mengalami kenaikan 19,6 persen dari tahun lalu.

"Data posko terpadu monitoring angkutan lebaran mencatat jumlah kedatangan penumpang di bandara tahun ini mencapai 16.502 orang penumpang dimana tahun lalu 13.788 orang penumpang dengan persentase 19,6 persen," ujar Kepala Seksi Legal dan Komunikasi Angkasa Pura I Turah Ajiari, Senin.

Menurutnya ada kenaikan 2.714 orang orang penumpang dalam musim mudik lebaran tahun ini pada H-3 dan diperkirakan akan meningkat saat puncak arus mudik pada hari terakhir ramadhan.

Sementara untuk penerbangan domestik kedatangan pesawat pada 2015 mencapai 137 unit dibandingkan tahun ini meningkat menjadi 152 unit dengan persentase 10,9 persen saat arus mudik lebaran.

Kemudian keberangkatan pesawat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin jumlah pesawat pada 2016 mencapai 146 meningkat dari tahun lalu yang hanya 135 unit pesawat dengan persentase 8,1 persen.

Sedangkan untuk keberangkatan penumpang pada 2015 lalu berjumlah 9.895 orang penumpang dan pada tahun ini, naik menjadi 12.283 orang penumpang dengan persentase per tahun 24,1 persen.

"Dan penumpang untuk kedatangan penerbangan internasional tercatat dua pesawat membawa 240 penumpang dari luar negeri sedangkan keberangkatan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ada dua pesawat dengan 235 penumpang," katanya.

Mengenai situasi arus lalulintas penerbangan di bandara setempat, tambah Turah, sedang terpantau aman dan lancar. Selain itu pihaknya telah menyediakan posko terpadu untuk memberikan pelayanan para penumpang, termasuk bekerja sama dengan TNI AU yang telah menyiapkan anjing pelacak guna menekan resiko terjadinya gangguan keamanan.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad juga melakukan kunjungan di posko terpadu untuk memantau arus mudik di bandara setempat. Farouk didampingi General Manager Sultan Hasanuddin International Airport (SHIAM) Akhmad Munir berkeliling bandara.

Selain pos terpadu, unsur posko tambahan disiapkan, personelnya terdiri dari TNI AU satuan Paskhas 31 orang, Satuan Gegana lima orang, Polres Maros tujuh orang, Koramil dua orang, ATKP enam orang dan pelayanan kesehatan delapan orang, dan tiga orang dari Jasa Raharja .

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024