Makassar (ANTARA Sulsel) - Ribuan umat muslim melaksanakan shalat IED Idul Fitri 1437 Hijiriyah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Berdasarkan pantauan di lapangan Karebosi Makasar, sejak pukul 06.00 WITA warga mulai berdatangan dengan membawa alat shalat serta koran bekas untuk dijadikan alas sajadah.

Terlihat pula pejabat Pemerintah Provinsi yakni Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan jajarannya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI serta Sekretaris Daerah Ibrahim Saleh termasuk sejumlah kepala dinas.

Ketua DPRD Sulsel HM Roem dan Ketua DPRD Kota Makassar Farouk M Betta beserta sejumlah unsur Musyawarah Pimpinan Daerah atau Muspida Kota dan Provinsi Sulsel.

Kapasitas Lapangan Kerebosi dapat menampung jamaah lebih dari 80 ribu orang dan dijadikan sebagai tempat salat IED.

Dalam khotbah lebaran tersebut menjelskan makna berpuasa dan kemenangan selama sebulan menahan hawa dan nafsu serta fitri sebagai manusia yang terlahir kembali.

Tidak hanya di lapangan karebosi, Masjid Raya dan Al Markaz Al Islami yang juga menjadi pusat ibadah dipadati ribuan jamaah. Bahkan masjid--masjid juga memblokir jalan raya untuk pelaksanaan shalat IED Idul Fitri 2016

Usai melaksanakan shalat salah sisa koran bekas terlihat berhamburan di jalan-jalan raya. Terlihat puluhan pengemis meminta sedekah dari para jamaah usai melaksanakan salat IED.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024