Makassar (ANTARA Sulsel) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel Ichsan Yasin Limpo mengatakan, anggaran Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional VIII yang berlangsung 25 - 31 Juli 2016, mencapai Rp4,3 miliar.

"Dana tersebut untuk pengadaan fasilitas dan pengadaan sarana dan prasarana kegiatan," kata Ichsan di sela-sela jumpa pers di kantornya di Makassar, Minggu.

Kegiatan Jumbara tersebut, akan dibuka Wakil Presiden HM Jusuf Kalla di Bumi Perkemahan Tonasa 1, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulsel pada Selasa (26/7).

Jumlah peserta yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia dan lebih 10 negara sahabat diprrediksi mencapai 4.500 orang.

Menurut Ichsan, peserta Jumabara masih terus berdatangan, termasuk delegasi dari negara-negara sahabat di Asia Fasifik dan terjauh adalah Italia.

Dalam rangkaian kegiatan itu, lanjut dia, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya bersama jajaran Muspida dan PMI akan melakukan penanaman bibit mangrove (bakau) sebanyak 10 ribu pohon di Labbakkang, Kabupaten Pangkep.

Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan akan berdialog dengan 500 orang guru pembina Palang Merah Remaja di sekolah-sekolah di daerah ini.

Khusus peluncuran dan penandatanganan prangko Jumbara PMR VIII akan dilakukan Ketua PMI Pusat sekaligus Wakil Presiden HM Jusuf Kalla.

Prangko Jumbara PMR VIII tersebut bergambar perahu kapal Pinisi khas Sulawesi Selatan dengan tetap menggunakan logo PMI pada bagian layar. Dalam prangko itu tulisan Jumbara PMR VII tetap dicantumkan.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024