Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel untuk ikut meningkatkan daya saing pengrajin di daerah.

"Dukung dan motivasi pengrajin untuk menghasilkan karya yang berkualitas dan memiliki daya saing," pesan Syahrul dalam pembukaan Rapat Kerja Daerah Dekranasda Sulsel yang dirangkaikan dengan Pameran Ekonomi Kreatif di Makassar, Kamis.

Syahrul mengatakan Dekranasda menjadi bagian penting untuk mengkanalisasi, dan mengaktualisasi hasil karya seni kerajinan masyarakat.

"Terima kasih karena telah mengambil bagian dalam menampilkan hasil terbaik seluruh daerah di Sulsel, ini juga bagian dari mewariskan identitas kultural kita dari generasi ke generasi," ujarnya mengapresiasi.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sulsel Ayunsri Harahap Syahrul mengatakan dalam Rakerda ini, masing-masing Dekranasda kabupaten/kota akan memaparkan potensi kerajinan, serta kendala pengembangan di daerahnya.

"Kami juga meminta usulan terkait pengembangan kerajinan di daerah," tambahnya.

Ia juga menekankan bahwa adalah tugas Dekranasda kabupaten dan kota untuk membantu bupati dan walikota dalam memajukan potensi kerajinan daerah.

"Dekranasda di kabupaten dan kota merupakan ujung tombak dalam membina pengrajin daerah," pungkasnya.

Selain Rakerda, pameran ekonomi kreatif sendiri diikuti oleh sekitar 99 stand dari seluruh Indonesia, dan dirangkaikan dengan peragaan busana daerah.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024