Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI memantau langsung ruangan dan aktivitas pembuatan kartu pintar (Smart Card) di Kantor Wilayah Bank BRI Makassar.

"Kunjungan kita ke sini untuk silahturahmi dengan pimpinan dan karyawan Bank BRI sekaligus melihat ruangan baru layanan Smart Card-nya," ujar Deng Ical -- sapaan akrab Wakil Wali Kota Makassar, Selasa.

Menurut dia, pendataan dan pencetakan kartu pintar yang menjadi program andalannya bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada lima tahun ini semuanya diserahkan ke Bank BRI.

Apalagi dengan peningkatan kualitas layanan dari Bank BRI saat ini seperti penggunaan satelit BRIsat yang merupakan satu-satunya bank di Indonesia dengan teknologi satelit akan dapat mempermudah menjangkau semua nasabah hingga ke pelosok.

"Memang sejak kami dilantik pada 8 Mei 2014 lalu itu, langsung penandatanganan MoU dengan beberapa pihak yang diantaranya itu BRI. Khusus BRI itu penandatanganan tentang pendataan dan pencetakan Smart Card ini," katanya.

Deng Ical pun berharap, kehadiran ruangan layanan Smart Card sebagai media pemersatu dalam koneksi dan bertujuan untuk memberikan kemudahan serta layanan publik optimal.

Sebelumnya, ia menjelaskan jika kartu multi fungsi ini tentunya sangat bermamfaat bagi tenaga pendidikan, terutama sebagai kartu ATM, sehingga transaksi dana sertifikasi dapat langsung masuk di rekening pemilik kartu.

Tidak hanya itu, lanjut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar ini, Smart Card juga berfungsi sebagai kartu pegawai, kartu kontrol kesehatan, jaminan kesehatan, dan alat bayar elektrik.

Selain itu, dalam kartu itu berisi chip yang semua fungsi ada, seperti medical record untuk menunjang program Danny Pomanto (DP Care) sehingga jika pemegang kartu sakit langsung bisa diketahui catatan medisnya ketika alatnya dimasukkan dalam komputer.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024