Makassar (ANTARA Sulsel) - PT Pertamina Marketing Operation Regional VII menyiapkan tambahan bahan bakar jenis Avtur sebanyak 140 kiloliter per hari untuk memenuhi kebutuhan penerbangan selama musim haji di embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami menambah pasokan Avtur untuk kloter haji yang dilayani oleh Pertamina dari embarkasi Makassar sebanyak 27 kloter dimulai 9 Agustus-5 September, sedangkan kepulangan 17 September-15 Oktober 2016, " ujar Manager komunikasi dan relasi Sulawesi MOR VII Pertamina Hermansyah Y Nasroen di Makassar, Jumat.

Selain itu tidak hanya menjamin ketersediaan pasokan, Pertamina juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan pengisian avtur dapat berjalan tepat waktu.

Menurut dia hal itu sangat berpengaruh pada jadwal keberangkatan pesawat, baik yang reguler maupun khusus angkutan haji tahun ini, mengingat pasokan yang diberikan pertamina cukup memadai mendukung keberangkatan jamaah haji 2016.

Pertamina juga memastikan kondisi "storage tank" di DPPPU Hasanuddin dan terminal BBM dengan kapasitas total mencapai 14.500 kiloliter sebagai bagian dari pelayanan prima.

Bahkan Pertamina telah menyiapkan Bridger atau mobil tangki Avtur untuk memasok sebanyak 11 mobil dan sembilan refueller atau mobil pengisi avtur ke pesawat.

Saat ini pertamina DPPU Hasanuddin melayani 25 maskapai penerbangan antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Ekspress Air, Citilink, NAM Air, Air Asia, dan Silk Air ke hampir 30 kota tujuan penerbangan dari bandara Internasional Hasanuddin Makassar.

Di samping penerbangan komersial, DPPU Hasanuddin juga melayani pengisian avtur untuk institusi militer yakni TNI AU. TNI AD, TNI AL dan serta Polri. Harga avtru sendiri untuk DPPU Hasanuddin saat ini Rp7.290 per liter atau 55,40 dolar Amerika Serikat per liter dengan harga berfluktuasi setiap dua minggu.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024