Makassar (ANTARA Sulsel) - Panitia Pelaksana Festival Layang-layang yang digelar Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Kota Makassar dipastikan akan dihadiri peserta dari mancanegara setelah adanya konfirmasi secara resmi.

"Sampai hari ini baru sekitar 15 orang yang telah mengonfirmasi kehadiran dan memastikan akan ikut jadi peserta layang-layang," ujar Ketua panitia pelaksana Abadi Gunawan di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, 15 orang peserta yang sudah memastikan hadir itu adalah peserta dari Malaysia dan Singapura serta peserta nasional dari beberapa daerah di Indonesia.

Peserta dari Malaysia yang akan hadir itu dari Serawak dan Kuala Lumpur serta dari kota Singapura. Sedangkan peserta lainnya umumnya berasal dari Jakarta.

"Namanya saya tidak hafal tapi pesertanya beserta layang-layangnya juga akan dibawanya dari daerahnya masing-masing. Ada yang dari Kualalumpur, Serawak dan Singapura," katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Makassar Rusmayani Majid mengatakan, festival layang-layang yang diselenggarakannya ini adalah yang ketiga kalinya.

"Ini festival ketiga kalinya kita gelar secara berturut-turut dan animonya cukup besar dari penggiat seni di daerah lain. Ini cukup bagus untuk kita kembangkan lebih besar lagi nantinya," katanya.

Diketahui, Festival Layang-Layang di Pantai Akkarena Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan akan digelar selama dua hari yakni pada 20-21 Agustus 2016.

Ia menjelaskan, kehadiran atau kesiapan para peserta dari luar negeri itu tentu akan membuat kualitas festival akan semakin maksimal.

Ini juga sesuai dengan tujuan dari pihak Disparekraf Makassar dalam upayanya menarik para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati segala potensi di Kota Daeng.

Selain peserta asing, para penikmat dan penghobi layang-layang dari beberapa daerah juga dipastikan hadir pada pelaksanaan nanti. Pihaknya juga berharap dukungan seluruh pihak demi suksesnya kegiatan tersebut.

"Sudah ada puluhan yang mendaftar dari lokal tapi yang konfirmasi resmi baru sekitar 15 orang itu. Kami juga masih membuka pendaftaran hingga hari pelaksanaan nanti," sebutnya.

Menurut dia, program festival layang-layang 2016 ini juga sudah dikirim ke aplikasi destinasi yang sebelumnya telah diluncurkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar.

Pihaknya juga berharap kegiatan ini kembali mendapatkan respon yang besar dari masyarakat dan membuat pelaksanaan kegiatan tahunan ini kembali semarak dan meriah.

Pada pelaksanaan tahun sebelumnya, jumlah peserta yang hadir mencapai puluhan orang dan sekitar 60 layang-layang berbagai jenis dan ukuran ditampilkan.

Selain dari Indonesia, peserta dari Malaysia saat itu juga hadir dan ikut memainkan layang-layang di festival tersebut.

"Kita sudah sosialisasikan kegiatan spesial ini di aplikasi kami. Kami juga akan terus berupaya agar kegiatan ini bisa dihadiri semakin banyak peserta baik dari Makassar termasuk peserta luar negeri," jelasnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024