Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan jika sampai saat ini sudah ada 14 negara yang sudah mengonfirmasi kehadirannya pada pagelaran Makassar International Eight Festival and Forum yang dikenal dengan F8 pada September 2016.

"Sampai hari ini baru ada 14 negara yang sudah mengonfirmasi langsung dan komunikasi kita dengan mereka semua tetap lancar sehingga memudahkan semuanya," ujar wali kota di Makassar, Senin.

Dari 14 negara yang menyatakan siap bergabung dalam F8, diantaranya Norwegia, Georgia, Peru, Australia, Jepang, Switzerland, Srilanka, Belanda, India, Mongolia, Amerika serikat, Malaysia, Singapura, dan Brunai Darussalam.

Danny Pomanto (sapaan akrab wali kota) mengatakan, bukan cuma mengonfirmasi kehadirannya akan tetapi beberapa negara itu juga turut serta dan ambil bagian dalam festivalnya.

Ia menuturkan jika, F8 akan menjadi ajang kolaborasi seniman lokal bersama Pemerintah Kota Makassar. Even ini juga menjadi panggung akbar bagi sineas lokal dan mancanegara untuk memperkenalkan karya sinematografi kepada publik dunia.

"Makassar diberkati dengan energi positif yang melimpah. F8 ini menjadi panggung raya bagi kita semua, seniman, sineas, fotografer, penulis, komunitas, dan semua potensi yang ada dielaborasi menghasilkan karya yang dapat dinikmati warga Makassar dan warga dunia yang hadir di F8 nanti," bebernya.

Danny menyebut, F8 diagendakan berlangsung pada 8 hingga 10 September 2016 dengan mengambil tempat di Anjungan City of Makassar hingga Toraja dan Mandar.

Danny menerangkan, kemeriahan F8 yang akan melebihi kemeriahan dari AMF karena pada kegiatan AMF yang lalu itu hanya menghadirkan para wali kota se-ASEAN saja.

Sedangkan pada kegiatan F8 ini, dia mengaku dihadiri tidak kurang dari undangan maupun wisatawannya dari 20 negara yang tersebar di beberapa benua yang ada di dunia.

Bahkan kata Danny, Konjen Amerika di Surabaya sudah memasukkan kegiatan F8 tersebut dalam agenda mereka. "Konjen Amerika di Surabaya sudah mengagendakan, meski kami belum menerima konfirmasi kehadiran, tapi insya Allah mereka hadir," ucapnya.

Menurut keterangan Inspektorat Makassar selaku penanggung jawab undangan, Zaenal Ibrahim, negara-negara yang sudah memberi konfirmasi tertulis dan lisan di antaranya, Australia, Mongolia, Norwegia, India, Belanda, Georgia, Peru, Swiss, dan Srilangka.

"Untuk Wali kota dan bupati se-Indonesia kita juga sudah melayangkan 500 lebih undangan," sebut Zaenal.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024