Enrekang, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Salah satu destinasi wisata menjadi perhatian saat ini di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan adalah `Swing Extrem` atau ayunan ekstrem dan menjadi daya tarik wisatawan untuk mencobanya.

"Sangat senang dan adrenaline saya tertantang meski awalnya ragu, setelah dimainkan luar biasa rasa ketakutan itu hilang ketika melihat pemandangan gunung dan perbukitan disekitarnya," tutur Andre seorang pengujung kepada tim foto trip PFI Makassar di Enrekang, Sulsel, Minggu.

Kendati demikian, kata dia, Pemerintah Daerah mesti mendukung dan memberikan ruang bagi sejumlah destinasi pariwisata yang tersembunyi di Enrekang dengan menyimpan banyak potensi untuk dikembangkan sehingga ada tambahan Pendapatan Asli Daerah yang bisa diperoleh Pemda setempat.

Tim foto trip Explore South Sulawesi yang mengabadikan lokasi permainan wisata ini terletak di puncak Bukit Cekong, Kecamatan Anggeraja, Enrekang, Sulsel melaporkan terlihat ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan untuk menikmati ayun diatas awan yang melintas di wilayah itu sambil menikmati pemandangan gunung `Buttu Kabobong`(mirip alat vital wanita) atau Gunung Nona secara dekat.

Bagi anda yang ingin memacu adrenalin diketinggian, mari tengok salah satu wisata yang cukup ekstrem di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. `Swing Extreme` namanya, adalah permaian ayunan yang ditempatkan di ujung jurang dengan ketinggian mencapai 150 meter dari dasar jurang.

Permainan wisata yang cukup mendebarkan-debarkan hati bagi orang suka tantangan itu memiliki ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut, pemandangan gunung-gunung menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mencoba tantangan wisata tersebut. Cuma membayar Rp10 ribu sekali main ayunan, bagi anda yang punya jantung kuat.

Dikenal dengan sebutan Bumi Massenrempulu ini juga menyimpan begitu banyak eksotisme alam yang layak dijadikan destinasi travelling di Sulsel. Bentang alam dengan berada di dataran tinggi kabupaten itu, menawarkan sejumlah spot berlibur sambil menyaksikan pemandangan alam dari puncak-puncak gunung dan perbukitan.

Tidak hanya wahana `Swing Extrem` digemari pengunjung juga wahana lainnya yakni `flying fox`. Kedua wahana ini berada di puncak Bukit Cekong dan Buttu Macca, Bambapuang. Tempat wisata terbilang baru ini dikelola anak muda Laskar Bambapuang, di Dusun Pulauan, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Enrekang.

Mengenai keselamatan, anda tidak perlu takut sebab pengelola menjamin keselamatan dengan peralatan pengaman secara maksimal. Para pemain tubuhnya dipasangi Harnes (pengikat) terikat tali yang sudah terhubung dari pohon pinus sebagai dasar pengangannya dan terus mendapat pengawasan.

Foto Trip Explore South Sulawesi sendiri merupakan program Dinas Pariwisata Sulsel dibantu Bank Sulselbar bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar untuk mempublis daerah destinasi wisata pada 24 kabupaten kota di Sulsel baik sudah terkenal maupun belum diketahui khalayak, guna mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan baik lokal, nasional maupun internasional.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024