Mamuju (ANTARA Sulbar) - Lima kecamatan di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menjadi kawasan pengembangan klester kakao dalam rangka mengembangkan komoditi kakao di Provinsi Sulbar.

Pelaksana tugas Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar, Ir Tanawali di Mamuju, Senin, mengatakan, sebanyak lima Kecamatan di Mamuju menjadi pilot project pengembangan kawasan klester kakao.

Ia mengatakan, pengembangan kawasan klester kakao dilaksanakan melalui program sustinable cacao production program for diadvantaged areas in Indonesia (SCPP-Indonesia).

Menurut dia, empat Kecamatan yang menjadi piloct projec tersebut diantaranya kecamatan Papalang dan Kecamatan Sampaga serta kecamatan Kalukku, Simkep dan Kecamatan Tapalang.

Ia mengatakan, selain Mamuju kabupaten lainnya di Sulbar tersentuh SCPP-Indonesia adalah Kabupaten Majene meliputi kecamatan Malunda Ulumanda Tammerodo, dan Kecamatan Sendana.

"Program yang dijalankan selama lima tahun tersebut telah memberdayakan sebanyak 6000 petani yang diberikan pengetahuan pengembangan kakao melalui sekolah lapang dan pelatihan," katanya.

Program tersebut juga dilaksanakan dengan pemberian bantuan sarana pembibitan bagi kelompok tani.

Ia berharap dengan program tersebut kakao dapat menjadi komoditi andalan di Sulbar meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024