Makassar (ANTARA Sulsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Apel Siaga di halaman Kantor BPBD menghadapi terjadinya hujan susulan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Kepala Pelaksana BPBD, Yunus Said memimpin apel siaga dan mengecek kesiapan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Kamis mengatakan kegiatan itu sebagai kesiagaan untuk mengantisipasi jika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi di Kota Makassar.

"Bapak Walikota sudah menginstruksikan kepada seluruh camat dan lurah se-kota Makassar termasuk dengan Dinas PU, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan BPBD Makassar untuk selalu siaga menghadapi musim hujan ini," katanya.

Pemerintah Kota akan segera menjadwalkan rapat koordinasi dengan semua stakeholder terkait untuk mengantisipasi musim hujan yang datang lebih awal dari prediksi semula.

"Rapat koordinasi dengan stakeholder terkait akan segera dilaksanakan termasuk membahas posko siaga 24 jam, call center, satgas drainase dan genangan," ungkapnya.

BPBD sudah menyiapkan semua peralatan bencana yang dimiliki termasuk mensiagakan Tim Reaksi Cepat mengantisipasi jika terjadi hujan dengan intensitas yang lebih tinggi.

"Posko PB 24 Jam selalu siaga, termasuk peralatan seperti mobil rescue, perahu karet, mobil dapur umum, tenda pengungsi dan kebutuhan logistik kita sudah stand by kan di posko" katanya.

Lanjut dia, hujan yang mengguyur Makassar sejak beberapa hari yang lalu, mengakibatkan beberapa ruas jalan tergenang air setinggi mata kaki orang dewasa.

Titik genangan air terlihat di sepanjang jalan Monginsidi, AP Petta Rani dan Urip Sumiharjo. Genangan tidak berlangsung lama, seiring redanya hujan, air yang menggenangi beberapa ruas jalan ikut surut.

Sebelumnya, Selasa (20/09) BPBD Kota Makassar sudah menggelar pertemuan dengan stakeholders terkait membahas koordinasi peringatan dini bencana di ruang rapat BPBD. Hadir dalam pertemuan ini perwakilan dari Basarnas, BMKG Wilayah IV Makassar, TNI, Polri, Relawan Penanggulangan Bencana dan 14 pemerintah kecamatan.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024