Mamuju (ANTARA Sulbar) - Forum Pemuda Pemerhati Budaya Mamuju meminta kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, untuk membangunkan tugu perahu tradisional "Kulubelang" di anjungan Pantai Manakarra Kabupaten Mamuju.

"Perahu tradisional "Kulubelang" Kabupaten Mamuju merupakan salah satu warisan budaya Mamuju, yang harus dilestarikan oleh pemerintah setempat," kata Forum Pemuda Pemerhati Budaya Mamuju Ashari Rauf di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, Pemkab Mamuju pada tahun 2017 mendatang, diminta untuk membangun tugu perahu tradisional "Kulubelang" di anjungan Pantai Manakarra Kabupaten Mamuju.

"Perahu Kulubelang ini adalah salah satu karya budaya yang diwariskan oleh leluhur kita di Mamuju, meskipun sebenarnya model perahu ini juga ada di beberapa daerah lain, tapi namanya tak sama," kata Ashari.

Menurut dia, pembangunan tugu perahu Tradisional tersebut telah dijanjikan akan dibangun pemerintah, berdekatan dengan tugu perahu Sandeq.

Ia mengatakan, bila pembangunan tugu perahu tradisional direalisasikan oleh pemerintah, maka dipastikan akan menambah nilai keindahan pantai Manakarra.

"Nilai keindahannya sangat tinggi dan akan menarik orang berkunjung ke pantai Manakarra Mamuju, dan itu salah satu upaya untuk melestarikan warisan budaya kita," ucanya.

Ashari juga meminta kepada Pemkab Mamuju agar terus menjaga kebersihan arena anjungan pantai Manakarra Mamuju karena sudah menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi warga sebagai tempat wisata namun justru dinilai kurang perawatan dan perhatian.

"Saya minta juga ke Pemkab Mamuju agar anjungan pantai Mamuju dipelihara bangunan tugu perahu Sandeq juga saya lihat sudah mulai rusak, ditambah lagi banyak sampah-sampah berserakan di kolamnya, keindahannya harus diperhatikan, sebab menjadi tempat yang sangat banyak dikunjungi masyarakat," harap Ashari.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024