Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar segera membangun kembali patung legenda sepakbola Ramang yang rencananya ditempatkan di Anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin di Makassar, Senin, mengatakan jika tujuan pembangunan kembali patung legenda Ramang sebagai upaya membangkitkan kembali semangat pesepakbola di Makassar pada khususnya.

"Dalam kesempata ini, kami memohon doa dan supportnya karena dalam waktu dekat, Pemkot dalam hal ini Dispora Kota Makassar akan memulai pembangunan patung Ramang yang merupakan legenda sepak bola di Makassar," katanya.

Ia menjelaskan, Ramang seperti yang dikenal selama ini memang merupakan sosok legenda sepak bola asal Makassar yang pernah berkipra di ajang internasional pada zamannya.

Keberadaan patung Ramang di Makassar diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para pemain khususnya berusia dini untuk terus berlatih sehingga bisa menjadi pemain yang bisa mengharumkan nama daerah, bangsa dan negara.

Pemerintah kota Makassar juga ingin menunjukkan perhatiannya dalam perkembangan persepakbolaan di Kota Makassar apakah secara langsung atau tidak, namun dengan pembangunan patung ini maka semangat persepakbolaan Makassar semakin bangkit.

Selain itu, kata dia, beberapa tahun lalu, Patung Ramang memang ada di Karebosi. Tapi karena pembangunan disekitar lokasi maka terpaksa dihilangkan dan belum mendapatkan tempat yang cocok.

Namun akhirnya beberapa kalangan mendapatkan ide untuk menempatanya di Pantai Losari sehingga pihaknya sepakat untuk membangunnya di lokasi tersebut.

"Tepatnya didepan Mesjid Terapung. Lokasinya ikonic dan patungnya juga legenda sehingga cocok dan menyatu. Mudah-mudahan dengan pembangunan ini bisa meningkatkan motivasi para pemain bola Makassar untuk mengingispirasi legana Ramang,"ujarnya.

Sebelum pembangunan dilaksanakan, lanjut dia, sebagai budaya orang timur maka lebih dulu melakukan siarah ke makam Ramang.

"Sebelum jumpa pers ini, kami sudah mappatabe ke kuburan Ramang sekaligus bertemu pihak keluarga almarhum Ramang. Kami juga meminta dukungan pencinta sepak bola Makassar, supertor PSM termasuk media agar pembangunan patung Ramang bisa berjalan lancar," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024