Mamuju (ANTARA Sulbar) - Bupati Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Agus Ambo Djiwa memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Muslim Indononesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan.

"Baru saja saya menghadiri undangan untuk membawakan materi kuliah umum di UMI Makassar," kata Bupati Matra, Agus Ambo Djiwa di Mamuju Utara, Sabtu.

Selain Bupati Matra, panitia juga mengundang Bupati Bantaeng, Prof Nurdin Abdullah untuk membawakan materinya, Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler dan Ketua DPRD Makassar Farouk M Betta. Namun bupati Bantaeng dan ketua DPRD Makassar berhalangan hadir.

Kuliah umum yang juga dihadiri beberapa kepala SKPD lingkup pemkab Matra ini, mengangkat tema terkait "Akselerasi Swasembada Pangan Menuju Ketahanan Pangan Nasional".

Pada momentum itu, Bupati Matra membeberkan beberapa keberhasilannya selama memimpin Matra, berdasarkan lima indikator dasar yakni pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita, indeks pertumbuhan manusia (IPM), angka kemiskinan, dan angka pengangguran.

Dia menjelaskan, selama memimpin Matra, ia mampu membuat angka pertumbuhan ekonomi di Matra tertinggi di Sulbar, jika dirata-rata kan dari tahun 2011 hingga 2015 mencapai 11,4 persen.

Ia juga menyebut bahwa angka kemiskinan dan angka pengangguran secara perlahan mampu ditekannya.

Ada beberapa sterategi pembangunan yang diterapkannya. Di periode pertama ia fokus pada pembangunan desa melalui program gerakan membangun desa sejahtera mandiri dan bermartabat (Gema d`Smart), program ini untuk mendorong desa melakukan pembangunan secara mandiri berdasarkan asas gotong royong.

Setelah berhasil membangun desa, maka pada periode kedua ini, prioritas pembangunan beralih ke ibu kota Matra. Terutama pada penataan dan ketertiban kota, agar kota Pasangkayu bisa terlihat indah layaknya sebuah ibu kota kabupaten.

"Capaian kemajuan terhadap lima indikator pembangunan itu, selama saya memimpin telah menunjukkan angka yang menggembirakan, dan kami terus bekerja keras agar kesejahteraan masyarakat Matra bisa tercapai," terang alumni Fakultas Pertanian UMI ini.

Selain memberi kuliah umum, dalam kesempatan itu, bupati Matra dan pihak UMI juga menandatangani nota kesepahaman bersama, yang berisi tentang kerjasama dalam jasa konsultasi dan jasa advokasi, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat dan dakwah.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024