Gowa, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memaparkan rencana pembangunan sejumlah infrastruktur di daerahnya yang rencananya baru akan dilakukan 2017.

"Kabupaten Gowa adalah penyangga Kota Makassar karena itulah, Gowa harus melakukan perubahan besar dan membangun infrastruktur agar bisa sejajar dengan Makassar," ujarnya di Gowa, Sulsel, Kamis.

Dia mengatakan, pembangunan infrastruktur diharapkan akan mampu memberikan dampak besar baik bagi Gowa, Kota Makassar maupun provinsi ini secara umum.

Kontribusi besar yang dapat diharapkan dari Kabupaten Gowa untuk provinsi Sulawesi Selatan secara umum yakni dengan berkontribusi positif bagi perekonomian masyarakat.

"Tahun 2017 akan ada pembangunan infrastruktur baru di Gowa yang diharapkan dapat berkontribusi positif bagi perekonomian rakyat Gowa maupun masyarakat Sulsel pada umumnya," jelasnya.

Meskipun sudah menyatakan akan membangun infrastruktur di tahun mendatang, dirinya belum mau merincikan sejumlah pembangunannya itu namun ia mengaku sudah ada pembicaraan bersama Kementrian Pekerjaan Umum saat dirinya ke Jakarta.

"Hasil pertemuan saya baru-baru ini meminta agar rencana pembangunan Bendungan Jenelata dipercepat menjadi tahun 2017 dari rencana semula tahun 2019. Sehingga diperkirakan akan selesai tahun 2021," katanya.

Bendungan Jenelata yang akan di bangun ini akan memenuhi kebutuhan air bagi warga Gowa. Sedikit berbeda dengan dua Bendungan terdahulu Bili-bili yang juga diperuntukan untuk warga Makassar dan Maros.

Begitu juga dengan Bendungan Karangloe yang saat ini masih dalam tahap pembangunan diperuntukkan bagi kebutuhan warga Kabupaten Takalar dan Jeneponto.

Kementerian Pekerjaan Umum bahkan berpesan khusus bagi Bupati Gowa agar memberi jaminan tidak ada masalah dengan lahan yang ada di daerah itu.

"Saya sudah meminta agar dibuat tim investigasi untuk menelusuri kepemilikan lahan di daerah itu, sehingga nantinya ketika proses pembangunan di tahun depan sudah tidak ada masalah lagi," jelas Adnan.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024