Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 1.337 polisi akan diturunkan untuk mengawal gerak jalan santai digelar Partai Golkar Sulsel yang juga bersamaan dengan Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri Indonesia (FKPPI) Sulsel di Makassar pada Minggu 30 Oktober 2016.

"Selain personel dari Mabes Polri dan Polda, personil Polrestabes dan Polsek juga diturunkan untuk mengawal agenda ini yang bersamaan waktunya," kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Rusdi Hartono usai apel siaga di Makassar, Sulsel, Sabtu.

Untuk personel cadangan memback up juga didatangkan dari Polres Kabupaten Gowa, Maros dan Polres Pelabuhan. Hal itu mengingat ada puluhan ribu massa yang akan turun mengikuti dua acara tersebut secara bersamaan.

Berdasarkan rute gerak jalan santai Golkar akan menggunakan jalan Ahmad Yani dan memutar hingga melalui sejumlah jalan termasuk jalan Sudirman. Sementara FKPPI Sulsel akan menggunakan rute Anjungan Pantai Losari juga memutar di sejumlah jalan yang saling berdekatan dengan massa gerak jalan santai Golkar.

"Untuk itu personil yang diturunkan banyak untuk menghindari adanya gesekan massa satu sama lain. Kami berharap kedua persata gerak jalan santai itu tidak sampai bertemu di jalan yang sama," harap dia.

Sebelumnya, gerak jalan santai FKPPI Sulsel akan dihadiri Surya Paloh (Pendiri FKPPI) juga Ketua Umum Partai Nasdem, Prabowo Subianto (Purnawirawan TNI) juga Ketua Umum Partai Gerindra, Ryamizard Ryacudu adalah Menteri Pertahanan, Basuki Hadimuljono adalah Menteri PUPR, serta, Siti Nurbaya, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta sejumlah tokoh nasional lainnya.

Gerak jalan santai ini di prakarsasi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo juga merupakan Ketua FKPPI Sulsel sebagai bagian dari kegiatan akbar. Kegiatan ini akan dihadiri sekityar 20 ribuan massa.

Sementara untuk Gerak jalan Partai Golkar mendatangkan Setya Novanto selaku Ketua Umum Partai Golkar, Deisti Aristianti Novanto selaku Ketua IIPG Pusat, Robert Kardinal sebagai Bendahara DPP Golkar serta sejumlah pengurus elite DPP Golkar.

Selanjutnya, mantan Gubernur Sulsel juga pengurus Golkar, Amin Syam, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan sejumlah pengurus DPD I dan II lainnya. Estimasi massa diketahui sebanyak 30 ribuan. Gerak jalan santai kedua organisasi ini dinilai sejumlah kalangan pamer kekuatan satu sama lainnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024