Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto membuka secara resmi kejuaraan Jetski Open Championship Wali Kota Cup 2016 di Anjungan Pantai Losari Makassar.

"Kejuaraan jetski ini awalnya kita rancang hanya untuk kejuaraan tingkat nasional saja, tetapi antusiasme dari mancanegara sangat besar dan akhirnya dibuka untuk internasional," ujarnya di Makassar, Sabtu.

Danny Pomanto -- sapaan akrab wali kota mengatakan, kehadiran para atlet jetski dari Asia khususnya Malaysia menjadikan kejuaraan ini lebih menarik karena persaingan bukan antar atlet Indonesia saja.

Kejuaraan yang berlangsung selama dua hari yakni dari 12-13 November dengan mengambil lokasi pertandingan di Anjungan Pantai Losari ini menjadikan kejuaraannya semakin menarik karena berada di dalam kota.

"Anjungan Pantai Losari adalah ikon kota Makassar dan ini adalah hiburan menarik dan gratis bagi warga Makassar yang ingin menyaksikannya langsung," katanya.

Adapun enam kelas yang diperlombakan dalam Jetski Open Championship Wali Kota Cup 2016 yakni, Expert Ski Limited, Endurance Open, Novice Runabout Stock, Expert Runabout Stock, Spark Runabourt Stock, dan Pro Open Runabout.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Makassar A Hendra Hakamuddin, kejuaran ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke - 409 tahun kota Makassar.

"Potensi bahari yang dimiliki Makassar harus kita maksimalkan tidak hanya untuk tujuan wisata juga bagi pengembangan olah raga air dan prestasi," kata A Hendra.

Sebanyak 26 peserta mengikuti Jetski Open Championship Wali Kota Cup 2016. Mereka diantaranya berasal dari Malaysia, Jakarta, Bali, Surabaya, Balikpapan, Samarinda, dan tuan rumah Makassar. Tiap peserta berjuang menaklukkan 37 race untuk memenangkan kejuaraan ini.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024