Makassar (ANTARA Sulsel) - Puluhan dosen penerima beasiswa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berhasil merampungkan studi S3nya sekaligus mengikuti Wisuda di Universiti Utara Malaysia (UUM), 12-16 November 2016.

Dalam acara Wisuda di UUM, para wisudawan ditraining mengenai tata cara pelaksanaan wisuda dimulai dari pengaturan barisan tempat duduk hingga naik ke atas panggung untuk menerima cinderamata dan Ijazah S3 yang diberikan oleh Rektor UUM Prof Tan Sri Tunku Puteri Intan Safinaz.

"Acara wisuda di UUM berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 12 November hingga 16 November 2016 yang dihadiri sebanyak 6.737 peserta wisuda,"kata Rektor UUM Prof Tan Sri Tunku Puteri Intan Safinaz melalui rilisnya di Makassar, Minggu.

Dari sebanyak 6.737 lulusan yang mengikuti wisuda, kata dia, sebanyak 428 peserta berasal dari 29 negara diantaranya dari Indonesia, Thailand, Singapura, Cina, Nigeria dan Libanon.

Selanjutnya dari Maldives, Arab dan Pakistan, Philipina, Singapore, Turki, dll. Jumlah Wisudawan internasional di UUM masih lebih unggul dibandingkan dengan Universiti Sains Malaysia (211) dan Universiti Teknologi Malaysia (349).

Namun hanya sebanyak 1.512 peserta wisuda adalah lulusan pascasarjana sedangkan sisanya 5.225 adalah lulusan sarjana S1.

Bila diperinci, sebanyak 208 lulusan mendapatkan gelar Doktor, 1.200 lulusan mendapatkan gelar Master dan sebanyak 5.225 mendapatkan gelar Sarjana.

Universiti Utara Malaysia merupakan salah satu universitas manajemen terkemuka di dunia dan telah mengalami peningkatan yang pesat dalam hal mutu pendidikan. Ini terbukti dari peringkat perguruan tinggi di Asia dan di Dunia.

Berdasarkan QS University Rank dan Times higher Education (THE), UUM berada pada peringkat 127 di Asia dan masuk 500 besar diperingkat Dunia.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024