Makassar (ANTARA Sulsel) - PT Pertamina (Persero) Region VII Sulawesi menggandeng Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI) Makassar menggelar kegiatan Pertamina Technopreneur Challenge (PTC).

"PTC awalnya adalah program kerja sama kecil-kecilan yang kita gelar dengan FTI UMI, tetapi setelah dinaikkan di media dan menyebar melalui medsos kemudian peminatnya dari luar Pulau Sulawesi membludak, akhirnya kita gelar secara nasional," ujar Area Manager CSR 8 SMEPP Sulawesi PT Pertamina, Syarifuddin di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, program PTC yang dibuka secara nasional ini menantang para technopreneur dalam menciptakan produk tepat guna untuk beradu inovasi dan teknologi melalui Pertamina Technopreneur Challenge.

Syarifuddin mengaku, kegiatannya merupakan kompetisi teknologi tepat guna yang menitikberatkan pada aspek enterpreneurship.

"Program CSR Pertamina ini menginginkan inovasi anak muda yang bisa digunakan untuk kepentingan orang banyak dan menumbuhkembangkan jiwa enterpreneurship mereka dan nantinya pemenang akan kita biayai modal usahanya dalam proses start up bisnisnya," jelasnya.

Dia menyebutkan, PTC dapat diikuti secara perorangan maupun kelompok dan sudah bisa melakukan pendaftaran melalui website www.gardapatiptc com sekaligus mengunggah makalah terkait karya teknologi yang akan dilombakan.

Bagi para pemenang akan dikontrak melalui program kemitraan Pertamina dan diberikan modal usaha sesuai dengan jenis bisnis yang akan diselenggarakan untuk menjadi juara.

Panitia sendiri menerapkan kriteria lomba di mana karya teknologi yang dikompetisikan dapat digunakan sebagai sarana produksi industri riil yang mudah dioperasikan, praktis, dengan harga terjangkau," katanya.

Bukan cuma itu, semua karya dan inovasi itu haruslah merupakan hasil temuan terbaru atau penyempurnaan dari penemuan-penemuan sebelumnya.

"Penilaian juga menitikberatkan pada manfaat dan kegunaan karyanya, inovasi dan kreativitas, orisinilitas ide dalam pembuatan karya. Kemudian memiliki nilai ekonomi pada kemampuan alat untuk dipasarkan secara komersial," kata Dekan FT-UMI zakir Sabara.

Diketahui, program PTC ini sudah mulai dibuka dan akan berlangsung hingga pada 4 Desember 2016 di mana para peserta harus mengumpulkan semua berkas yang dibutuhkan. Semua pendaftar yang telah masuk akan dilakukan seleksi wawancara dan presentasi sebagai acara puncak tanggal 27-28 Desember 2016.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024