Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar yang telah meluncurkan prototipe moda transportasi massal Smart Pete-pete (angkutan kota pintar) pada Selasa, 12 Desember 2016, menjadi magnet bagi masyarakat maupun para tamu dari mancanegara.

"Ini adalah salah satu solusi transportasi kita dengan tingkat kemacetan yang sudah cukup tinggi, memang dibutuhkan sarana angkutan umum yang aman, nyaman, moderen dan murah," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, sejak diluncurkannya prototipe Smart Pete-pete ini, beberapa camat juga berebut untuk menghadirkan Smart Pete-pete ini untuk disosialisasikan kepada masyarakat.

Namun, sebelum disosialisasikan secara penuh di semua kecamatan di kota ini, wali kota melalui Dinas Perhubungan memulai sosialisasi ini dari kampus-kampus maupun kalangan akademisi lainnya.

Hal ini dilakukan untuk melihat respon langsung masyarakat akan moda transportasi massal yang aman, nyaman dan moderen tersebut. Hasilnya, dari semua kalangan yang sudah melihatnya dan merasakan langsung bagaimana detilnya, masyarakat pun terus dibuat berdecak kagum.

"Kita bawa sosialisasi ini smart pete-pete, kita masuk kampus, kita perlihatkan kepada para turis, para tamu-tamu dari luar negeri seperti dubes sama lainnya. Dan mereka semua suka dan kagum," katanya.

Sebelumnya, pada peluncuran smart pete-pete di Anjungan Pantai Losari dengan guyuran hujan seharian itu, masyarakat yang menunggu kedatangan mobil tersebut sangat antusias.

Danny Pomanto -- sapaan akrab wali kota mengatakan, satu model prototipe yang diluncurkan ini memang sengaja dilakukan pada tanggal 12 Desember 2016 karena ingin mendapatkan keberkahan di hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kenapa kita luncurkan hari ini, karena hari ini adalah 12 Rabiulawal 1438 Hiijriyah atau Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Kita ingin mendapatkan keberkahannya, makanya hari ini kita luncurkan, walaupun sudah mau malam dan diguyur hujan deras selama seharian," katanya.

Menurut dia, konsep pete-pete smart lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan energi surya selain bahan bakar premium sebagai sumber energinya.

"Pete-pete smart ini didesain menampung 16 penumpang yang dapat duduk ataupun berdiri dan dilengkapi fasilitas wifi, dan AC bagi penumpangnya," terangnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024