Makassar (Antara Sulsel) - Jelang Tahun Baru 2017, Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar melakukan penutupan 26 ruas jalan protokol selama 15 jam mengingat banyaknya warga yang akan tumpah ruah memeriahkan malam tahun baru.

"Penutupan dan perubahan arus lalu lintas ini mulai dilaksanakan pada Sabtu pukul 17.00 Wita, sampai dengan Minggu Tanggal 1 Januari 2017 pukul 8.00 pagi," Kata Kasubag Humas Polrestabes Makassar Kompol Burhanuddin di Makassar, Jumat.

Penutupan ruas jalan protokol itu dilakukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban, keselamatan dan kelancaran dalam berlalu lintas pada momen pergantian tahun baru 2016 ke 2017.

Adapun 26 ruas jalan yang akan ditutup adalah Jalan Ujung Pandang, Jalan Balaikota , Jalan Kajolalido, Jalan Usman Djafar, Jalan Ince Nurdin, Jalan Chairil Anwar, Jalan Emi Saelan, Jalan Manggis dan Jalan AR Saleh.

Selanjutnya, Jalan Yosep Latumahina, Jalan Laga Ligo, Jalan Muchtar Luthfi, Jalan Ali Malaka, Jalan Ranggong, Jalan Rajawali, Jalan Bau Massepe, Jalan Pattimura.

Jalan WR Supratman, Jalan Kenari, Jalan Maipa, Jalan Datu Museng, Jalan Penghibur, Jalan Somba Opu, Jalan Garuda, Jalan Karunrung dan Jalan Lamadukkelleng.

Adapun dalam penutupan ini, Jalan-jalan di sekitar wilayah anjungan Pantai Losari dan Cendrawasih menjadi fokus utama Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar.

Pesta perayaan akhir tahun diperkirakan akan berpusat di wilayah tersebut dan dipastikan ramai akan pengunjung karena menjadi pusat perayaan hingga persimpangan Jalan Haji Bau - Cendrawasih akan menjadi lokasi penyaringan kendaraan bermotor.

Menurut Burhanuddin, untuk menghindari kemacetan, aparat kepolisian telah menyiapkan tempat parkir bagi warga yang ingin menikmati pesta akhir tahun di Pantai Losari dan sekitarnya.

Diantaranya lokasih parkiran kendaraan yaitu sepanjang Jaan Slamet Riyadi (depan kantor Pos dan Giro), Sepanjang Jalan Riburane (Depan Kantor RRI) , sepanjang Jalan Nusantara (Depan Menara Makassar) Jalan masuk Center Point of Indonesia (CPI) dan halaman Parki CCC serta parkiran Trans Studio.

Dia mengimbau, bagi pemilik kendaraan bermotor yang bertempat tinggal pada jalur jalan yang ditutup dapat bisa memarkir di halaman tempat tinggalnya dengan memperlihatkan kartu tanda pengenal (KTP/Sim/ Identitas lain)

Selain itu, bagi warga atau masyarakat yang ingin menikmati suasana malam tahun baru di Grade Trade Center (GTC) Tanjung Bunga disarankan agar masuk melewati Jalan Rajawali, Jalan Penghibur, dan Metro Tanjung Bunga.

Demikian juga dengan saat keluar dari GTC akan diarahkan melalui Jalan Metro Dg Patompo, Penghibur dan Jalan Haji Bau.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024