Makassar (Antara Sulsel) - Rektor Univeritas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr H Husain Syam M TP diberi amanah memimpin Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Ahli & Dosen Republik Indonesia (ADRI) Sulawesi Selatan.

"Rektor UNM Prof Dr H Husain Syam M TP terpilih sebagai ketua. Untuk kepengurusan ADRI yang baru ini akan dikukuhkan secara resmi pada 21 Januari 2017," kata Ketua Panitia Pelantikan Dr Faisal Amir, MPd di Makassar, Selasa.

Ia menjelaskan, para pengurus ADRI yang ada di DPD ADRI Sulsel itu berasal dari para ahli dan dosen yang berkarier di beberapa kampus negeri dan swasta serta lembaga peneltian lainnya yang ada di Sulawesi Selatan.

Adapun tujuan organisasi ini yakni melakukan pembinaan profesi anggota, pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta pengembangan kompetensi akademik anggota kedepan.

"Sedangkan program kerja bakal direalisasikan termasuk melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan sesuai bidang keahlian, membina kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah, mengembangkan jurnal untuk publikasi karya ilmiah dosen,"katanya.

Untuk rangkaian pelantikan sendiri, kata dia, akan dilaksanakan konferensi internasional ADRI yang mengusung tema "Scientific Publications Toward Global Competitive Higher Education".

Dan pada konferensi tersebut direncanakan tampil sebagai keynotespeaker yaitu Menristekdikti, Prof H Mohamad Nasir PhD dan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad PhD.

Narasumber dari dalam negeri akan tampil, Prof Dr H Mansyur Ramli MSi (BAN-PT), Prof Dr Kamaruddin (Dirjen Pendidikan Islam Kemenag), Dr Abdul Kahar (Direktur Beasiswa LPDP Kemenkeu), serta Dr Ir Jumain Appe, M.Sc (Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti).

Selain konferensi internasional ini, kegiatan lain yang akan dilaksanakan dalam rangkaian pelantikan ini adalah Workshop Nasional Online Journal System akan digelar pada tanggal 22 Januari 2017 dengan menampilkan narasumber, Sulfikar Sallu, MKom, ITIL dan Prof Dr Gufran D Dirawan M EMD.

Lebih jauh, UNM juga patut berbangga setelah mengukuhkan dua guru besar dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi yang dipimpin langsung Rektor UNM Prof Dr Husain Syam M TP pada rapat senat terbuka pengukuhan guru besar di Ruang Teater Menara Pinisi Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Dua guru besar yang dikukuhkan itu masing-masing Prof Dr Patang SPi MSi sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Agribisnis dan Prof Dr Anwar Ramli SE MSi sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Ekonomi.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024