Makassar (Antara Sulsel) - Rektor Universitas Negeri Makassar Prof Dr Husain Syam mengukuhkan Prof Dr HM Djen Jalal sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Sosiologi Olahraga, dan Prof Dr Ilham Thaief sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia.

Profesor Djen Jalal dalam pidato penerimaan jabatan guru besarnya menyampaikan pidato berjudul "Penguatan Modal Sosial Melalui Olahraga Sepakbola", kata Humas UNM, Ilda di Makassar, Jumat.

Djen dalam orasinya mengatakan bahwa hasil kajian menunjukkan olahraga mempunyai potensi dan kontribusi yang kuat terhadap penguatan dan pengembangan modal sosial.

Dengan sistem olahraga sepakbola dengan segala fenomenanya, menurut Prof Djen, maka tampak bahwa sepakbola mempunyai potensi untuk membangun modal sosial.

Potensi tersebut yakni kepercayaan, resiprositas, keterlibatan, jaringan sosial, serta norma dan nilai.

Olahraga sepakbola merupakan kegiatan fisik yang sangat digemari masyarakat. Hal ini penting sebagai wadah pengembangan jaringan individu dan sosial juga melalui sepakbola terbentuk rasa kepercayaan yang kuat.

Sementara itu, Prof Ilham Taiyeb mengupas tentang Penerapan Manajemen Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Perguruan Tinggi.

Menurutnya, keberhasilan suatu institusi perguruan tinggi bukan hanya tergantung pada bagaimana organisasi tersebut melaksanakan proses dan aktivitas keseharian semata, akan tetapi bagaimana kegiatan dan aktivitas rutin maupun kondisional diintegrasikan dalam seluruh komponen organisasi yang rawan konflik.

Ia menambahkan, Penting untuk melakukan penataan institusi perguruan tinggi berdasarkan manajemen kinerja sehingga tercipta akuntabilitas perguruan tunggi.

"Dalam pengukuran manajemen kinerja dapat menggunakan salah satu pendekatan yaitu Balanced scorecard karena dengan itu akan diketahui kepuasan karyawan, pelanggan, dan produktivitas yang merupakan tiga hal utama dalam pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi", tutupnya

Pada 27 Desember 2016, UNM mengukuhkan dua guru besar dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi pada rapat senat terbuka pengukuhan guru besar di Ruang Teater Menara Pinisi Makassar, Sulawesi Selatan.

Dua guru besar itu masing-masing Prof Dr Patang SPi MSi Bidang Ilmu Agribisnis dan Prof Dr Anwar Ramli SE MS di bidang Ilmu Ekonomi.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024