Makassar (Antara Sulsel) - Pemain naturalisasi Rafael Maitimo yang sebelumnya direncanakan menjadi kejutan untuk suporter akhirnya batal bergabung dalam latihan bersama PSM Makassar di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Media Officer PSM, Andi Widya Syadzwina di Makassar, Jumat, mengaku belum mendapatkan konfirmasi resmi terkait batalnya pemain asal Belanda itu mengikuti latihan bersama Rizky Pellu dan kawan-kawan.

"Namun menurut pelatih (Robert Rene Alberts), Rafael Maitimo baru akan datang saat pemusatan latihan di Bali. Soal alasan tidak hadir, mungkin karena masih lelah setelah melakukan perjalanan jauh dari Belanda," katanya.

Mengenai rencana kedatangan Maitimo sendiri memang cukup mengejutkan. Sebab meski pernah disebut-sebut menjadi pemain incaran, namun tidak ada satupun dari Manajemen PT Persaudaraan Sepakbola Makassar (PSM) yang menaungi tim Juku Eja yang bersedia memberikan tanggapan.

Namun dari kabar yang berkembang, pemain yang sempat memperkuat timnas Indonesia itu bukan hanya untuk memperkuat gelandang namun juga tengah dipersiapkan untuk posisi berbeda yakni mengisi pos bek kiri PSM Makassar yang memang masih kurang pemain.

"Tapi memang sepertinya jadi (bergabung bersama PSM) karena Pelatih Robert Rene Alberts juga mengaku akan menunggunya di Bali," jelasnya.

Sementara itu, PSM Makassar mengaku harus absen dalam pelaksanaan turnamen pra musim Piala Presiden yang direncanakan digelar pada 31 Januari 2017.

Menurut dia, pihaknya saat ini masih terus fokus dalam pembentukan tim agar bisa tampil maksimal di kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang mulai digelar 26 Maret 2017.

Ia menjelaskan, manajemen pada dasarnya memiliki keinginan besar untuk ambil bagian dalam turnamen tersebut. Apalagi turnamen yang dimenangkan oleh Persib Bandung pada 2015 itu memang dinilai tepat sebagai bagian uji kesiapan tim.

Keterlibatan para tim-tim besar peserta kompetisi ISL juga membuatnya bisa meraba dan memantau sejauh mana potensi tim untuk bisa tampil dan menjuarai kompetisi kasta tertinggi di Tanah Ait kedepan.

Turnamen Piala Presiden 2017 yang mulai bergulir pada 31 Januari hingga 12 Maret 2017 itu rencananya akan ikuti sebanyak 20 tim.

20 tim itu rencananya dibagi ke dalam lima grup, di mana setiap grup berisikan masing-masing dihuni oleh empat tim. Adapun pesertanya terdiri dari 18 tim dari kompetisi kasta tertinggi dan dua tim lainnya akan diambil dari klub Divisi Utama.

"PSM tidak ikut (melihat jadwal pelaksanaan Piala Presiden yang sudah dekat). Apalagi kami baru akan menjalani pemusatan latihan di Bali pada 23 Januari 2017," katanya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024