Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menargetkan jumlah ternak akseptor Inseminasi Buatan (IB) mencapai 340.467 ekor di tahun 2017.

"Kita menargetkan akseptor 340.467 ekor dengan target bunting 224.708 ekor," kata Kepala Disnakkeswan Sulsel Abdul Azis pada Pemaparan Program Strategis SKPD Lingkup Pemprov Sulsel di Makassar, Senin.

Ia mengatakan IB tersebut merupakan bagian dari program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab), yaitu kegiatan yang terintegrasi untuk percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau secara berkelanjutan.

Abdul Azis mengatakan salah satu aspek penting yang menjadi perhatian dari pelaksanaan IB ini adalah upaya meningkatkan persentase keberhasilan ternak menjadi bunting.

"Saat ini persentase keberhasilannya hanya 50 persen, ini yang ingin kita tingkatkan hingga 70 persen," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya, akan berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia para petugas yang melakukan inseminasi buatan melalui pelatihan.

Pihaknya juga mengintensifkan sosialisasi pelarangan ternak betina produktif untuk meningkatkan populasi ternak.

"Yang banyak melakukan pemotongan ternak betina produktif adalah masyarakat umum. Karena itu, sosialisasi harus terus diintensifkan," ujarnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024