Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menekankan pentingnya pendidikan karakter, mental, dan kepribadian siswa untuk menjawab tantangan masa depan.

"Pendidikan bukan hanya terkait kecerdasan semata, tetapi lebih pada penguatan karakter, mental dan kepribadian siswa. Tiga poin inilah yang menentukan mampu tidaknya siswa menjawab tantangan masa depan," kata Syahrul Yasin Limpo saat membuka kegiatan `Sulawesi Education dan Techno Expo` 2017 di Gedung Celebes Convention Centre, Selasa 14 Februari 2017.

Menurut Syahrul, pendidikan harus menjadi moralitas bangsa, apalagi melihat kondisi generasi saat ini menghadapi sejumlah persoalan, salah satunya degradasi moral yang mengkhawatirkan.

"Peran pendidikan sangat dibutuhkan untuk membentuk generasi yang tangguh," ujar gubernur Sulsel dua periode ini.

Pendidikan, kata Syahrul, harus menjadi masa depan bangsa, dan generasi yang tangguh hanyalah dapat dihasilkan melalui proses pendidikan yang berkarakter.

"Hal ini menjadi tanggung jawab semua pihak, bukan hanya para tenaga pendidik," ujarnya.

Syahrul mengatakan, Pemprov Sulsel telah melakukan terobosan untuk semakin meningkatkan kemajuan di bidang pendidikan, antara lain melalui program pendidikan gratis, peningkatan kompetensi pendidik, serta mempermudah akses pendidikan melalui kecanggihan teknologi dalam bentuk aplikasi pendidikan `e-panrita`.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024