Takalar (Antara Sulsel) - Dua pasangan calon Pilkada Takalar, Sulawesi Selatan, saling mengklaim memenangkan perolehan suara meski hasilnya tipis dan belum ada keputusan resmi dari KPUD setempat.

"Hari ini selain hasil `quick qount` serta hasil `real count` internal kami yang sudah dikerjakan dengan rapi, Alhamdullilah kemenangan sudah di tangan kita," kata Syamsari di Posko Pemenangan Kabupaten Takalar, Rabu malam.

Pasangan nomor urut dua Syamsari Kitta-Ahmad Daeng Se`re (SK-HD) mengklim unggul tipis 1.209 suara dengan rivalnya Burhanuddin Baharuddin-HM Natsir Ibrahim di Pilkada Takalar, Sulawesi Selatan.

Menurut Syamsari, data "real cout" tersebut berasal dari formulir C1 hasil dari saksi-saksi di 351 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dimasukkan dalam tabulasi penghitugan suara internal.

"Kami akan mengawal data kita sampai di KPUD Takalar. Data saksi-saksi kami sudah masuk 100 persen sehingga ini akan kami jadikan dasar nantinya," kata dia.

Sementara juru bicara pasangan tersebut, Ariady Arsal menambahkan, data yang masuk hingga dari Pulau Tanakeke dan secara keseluruhan sudah 100 persen masuk di tabulasi sumber TPS.

"Data itu dari suara sah mencapai 174.561 suara. Presentasenya 50,41 persen untuk kami dan kubu sebelah memperoleh 49,59 persen. Kami menang 1.209 suara data rill dari formulir C1 dari saksi TPS," ujarnya.

Secara terpisah, juru bicara pasangan nomor urut satu Burhanuddin Baharuddin-HM Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng), Makmur Mustakim juga mengklaim menang, meski selisih perolehan suara sangat tipis.

"Berdasarkan data real count internal kami dari saksi di TPS melalui formulir C1, kami menang 50,2 persen," kata dia.

Sedangkan rivalnya memperoleh persentase 49,8 persen suara. Meski demikian pihaknya masing mengklaim menang dalam perolehan suara.

"Kami yakin persentase pemilih di Takalar mencapai tidak lebih dari 80 persen, mengingat tidak semua pemilih menyalurkan hak pilihnya mencoblos di TPS. Kami berani klaim menang karena hitungan langsung dari C1 di TPS," ungkapnya.

Calon petahana, Burhanuddin di rumah pemenangannya menyatakan, terima kasih atas seluruh perjuangan rekan-rekan tim pemenangan dan semua pihak dalam mendukung dirinya selama menjadi kontestan.

Meskipun hasil resmi belum ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Takalar, tetapi dirinya memastikan unggul walaupun beda tipis dari rivalnya.

"Semoga ini menjadi kemenangan kita semua, kemenangan buat seluruh warga Takalar," katanya.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 205.418 orang, diperkirkaan partisipasi pemilih kurang lebih 80 persen. Sedangkan sebaran TPS di Takalar sebanyak 351 tersebar di 100 kelurahan dan desa di sembilan kecamatan.

Berdasarkan website kpu.go.id, data yang masuk hingga pukul 21.45 Wita pasangan nomor urut satu Burhanuddin Baharuddin-HM Natsir Ibrahim memperoleh 50,07 persen. Pasangan Syamsari Kitta-Ahmad Daeng Se`re memperoleh 49,93 persen.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024