Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Pol Muktiono mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah Takalar secara aman dan tertib.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu menyukseskan jalannya pilkada damai di Takalar," ujarnya di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan pilkada di Sulawesi Selatan hanya diikuti oleh satu kabupaten, yakni Takalar, dengan dua pasangan calon.

Muktiono mengakui sempat khawatir karena pilkada yang hanya diikuti dua pasangan calon itu mempunyai potensi keributan pada tingkat bawah atau pendukung.

Setelah pelaksanaan pencoblosan dan kedua belah pihak, berdasarkan hasil penghitungan atau rekapitulasi suara sementara, masing-masing mengklaim kemenangan kemudian melakukan konvoi.

"Bahkan saat konvoi sorenya itu sempat bertemu di jalan tapi keduanya malah saling sapa, para pendukung yang ikut konvoi juga semuanya saling sapa dengan santun. Sungguh itu adalah hal yang membanggakan," katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti bersama Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Muktiono melakukan pemantauan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Pemantauan dimulai dari Polres Takalar kemudian rombongan menuju ke wilayah Galesong Utara. TPS pertama yang dipantau di SD Negeri 131 Inpres Batu-batu.

Saat tiba di lokasi, kedua perwira tinggi itu kemudian menyapa warga yang hendak melakukan pencoblosan di TPS tersebut dan mempersilakan masuk para pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya, tanpa menggangu proses pencoblosan.

Setelah berbincang dengan aparat keamanan dan panitia pengawas, rombongan kemudian bergeser ke TPS 2 Dusun Beba, Desa Tamasaju. Keduanya terlihat berbincang dengan warga setempat.

Pemantauan kemudian dilanjutkan di TPS 3 Palalakang, wilayah Galesong Selatan. Di lokasi itu, Agus berbincang dengan pemilih dan mengatakan apakah sudah memilih dan menyalurkan hak pilihnya. Warga itu menyatakan sudah memilih.

Tidak berlangsung lama, rombongan mengunjungi posko pengamanan di Polsek Galesong Selatan, lalu melanjutkan perjalanan dan menyempatkan memantau pasukan di Ranting 5 Koramil Galesong Selatan.

Pantauan terakhir di TPS I Boddia, SD nomor 70 Kecamatan Galesong, Takalar, Sulsel. Rombongan kemudian ke lokasi wisata Permandian Bintang Galesong untuk beristirahat sejenak sambil menunggu selesainya waktu pencoblosan.

"Satu kompi pasukan Brimob ditambah di daerah Galesong untuk pengamanan mengingat daerah ini cukup rawan gesekan. Pengamanan kita maksimalkan, " kata Kapolda Sulsel Muktiono.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024